Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Warga Kerembok Krisis Air Bersih Berita

Kembang Tanjong (SK)-Warga Desa Kerembok, Kecamatan Kembang Tanjong, Pidie Aceh, menggeluh akibat krisis air untuk minum dan untuk kebutuhan  Mandi Cuci Kakus (MCK), hal tersebut terungkap dari seorang warga brnama Faridah (40) yang sedang mencuci pakaian di sungai saat di temui SK, Sabtu, (09/03)

"Selama ini warga desa Keurembok merasa sangat kualahan, lebih-lebih kaum ibu, karena disamping sulitnya mencari air bersih untuk minum, kami juga merasa capek karena minimal dua kali dalam seminggu harus mengangkut pakaian ke sungai. Bila waktu bersamaan dengan ibu-ibu lain terpaksa harus mengantri." Keluh Faridah.

Saat banjir tiba airnya menjadi keruh sehingga para kaum ibu harus mengurungkan niat untuk mencuci sampai ainya kembali jernih. Sementara untuk air masak diambil dari desa tetangga.

 ”Kami disini belum mempunyai sumur bor,  maka tidak ada pilihan lain bagi kami harus mencuci pakaian di sunggai walau agak jauh  dari rumah. Sebenarnya kami sudah mengusulkan unit sumur bor dalam rapat gampong bersama program pemberdayaan masyarakat, namun usulan kami dari pihak perempuan tidak dipioritaskan dengan alasan tidak menpunyai tanah desa untuk membagun sumur bor, padahal untuk membagun sumur bor tidak perlu lahan yang besar-besar cukup beberapa meter saja sehingga wargapun akan memberikan lahannya,"  Tambah Faridah

Warga berharap kepada pihak terkait supaya persoalan air besih ini cepat ditangapi supaya bebas dari krisih air , (Haycal)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09231 seconds.