Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Manusia Merupakan Unsur Terpenting Dalam Organisasi Berita

Narmada,(SK),-- Membicarakan menejemen sumber daya manusia saat ini merupakan hal yang sangat penting dan menjadi kewajiban bagi para pengelola organisasi, baik public maupun privat.

Hal ini dikatakan Drs H.Djaswad,SH.MH ketika tampil sebagai pembicara atau narasumber widya iswara BKD dan Diklat Provinsi Nusa Tenggara Barat dihadapan 40 pejabat esselon IV KLU yang sedang mengikuti Diklatpim IV pola kemitraan antara Pemda KLU dan Pemda NTB selama 42 hari di Balai Diklat Pertanian Provinsi Nusa Tenggara Barat,Selasa (26/02/2013).

Dikatakan, para pimpinan maupun anggota organisasi dituntut untuk mengetahui bagaimana manusia sebagai sumber yang mempunyai daya atau energy mempunyai kemampuan untuk dipergunakan dalam membangun organisasi.Hal ini karena memang, masalah organisasi tidak terlepas dari unsure manusia sebagai sumber daya organisasi yang harus di manage sebagai sumber-sumber daya yang lain.

“Manusia merupakan sumber daya dalam organisasi yang berpartisipasi dan memberikan kontribusi sesuai dengan bidang tugas,strategi masing-masing sesuai dengan yang telah ditentukan oleh organisasi dalam mencapai tujuannya,”tegas Djaswad yang juga mantan Sekda Kota Mataram ini.

Selanjutnya Djaswad menyatakan,manusia, pegawai, sebagai salah satu sumber daya organisasi sering ditunjuk sebagai factor utama jika terjadi kegagalan pencapaian tujuan organisasi.Begitu banyak alas an yang bisa dipakai justifikasi terhadap upaya-upaya peningkatan peran SDM dalam organisasi, seperti, sebut saja katanya, merubah manusia tidak semudah merubah tata letak ruangan kantor, karena manusia merupakan makhluk hidup yang mempunyai keinginan sendiri, dan sebagainya.Namun bagaimanapun hal ini tidak bisa dijadikan pembenaran untuk akhirnya melupakan usaha-usaha kearah pencapaian tingkat profesionalitas pegawai yang salah satunya adalah melalui menejemen sumber daya manusia.

Drs H.Djaswad,SH.MH menyebut bahwa manajemen sumber daya manusia tidak bisa di pelajari secara terpisah atau sendiri, tetapi harus berintegrasi dengan ilmu lainnya seperti manajemen kepegawaian,manajemen perencanaan, manajemen kepemimpinan,organisasi dan beberapa ilmu yang terkait dengan kependudukan dan lain sebagainya. Namun demikian H.Djaswad,SH.MH lebih memfokuskan kepada hal-hal yang ketenagakerjaan,manusia yang mempunyai daya untuk maju demi tercapainya tujuan organisasi.

Tujuan organisasi yang dimaksud adalah untuk mengetahui dan menilai sejauh mana menejemen sumber daya dapat memberikan kontribusi terhadap pencapaian tujuan.Secara umum manajemen sumber daya meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pengevaluasian kegiatan sumber daya dalam suatu organisasi.Sehingga dalam sebuah organisasi yang menjadi unsure terpenting adalah manusianya.(Eko)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.14449 seconds.