Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Waspadai Flu Burung (Dede Amy) Pendapat

Serang - Lagi lagi terdengar isu flu burung, dimana-mana virus flu burung telah beredar ke tempat pemukiman warga. Merebaknya berbagai flu burung ini membawa keresahan pada masyarakat, akibatnya mereka yang awam pengetahuan ini tanpa pikir panjang unggas yang mereka ternak dimusnahkan. Sebelum dimusnahkan ada baiknya mengenal beberapa sub tipe dari flu burung diantaranya mulai dari tipe H1N1 yang kita tahu bahwa sub tipe ini banyak ditemukan pada babi, faktor utama penyakit ini adalah pada unggas.

Untuk para konsumen unggas, harus waspada saat membeli ayam di pasar atau di sewalayan, dikhawatirkan ayam yang Anda beli terjangkit flu burung dengan berciri-ciri ada pembengkakan di kepala dan gelambir yang berwarna kebiru-biruan, keluar air liur dari mulut unggas, serta terlihat bintik-bintik pada tubuh unggas umumnya pada bagian dada dan kaki.

Dampak flu burung atau munculnya penyakit flu burung menimbulkan dampak yang luar biasa bagi manusia, akibatnya banyak korban yang meninggal oleh virus ini dengan berbagai tanda-tanda yang nampak. Jika korban masih bisa tertolong, pengobatan penanganan flu burung dapat dilakukan dengan pemberian obat Tamiflu atau sejenis lainnya tetapi harus dengan pengawasan dari dokter. Seiring merambatnya virus ini, pencegahan yang bisa dilakukan yaitu dengan membakar bangkai unggas jika unggas tersebut mati mendadak, metode pembakaran harus tepat guna mencegah asap yang ditimbulkan dari pembakaran tersebut agar material lain tidak tersebar ke tempat lain.

Secara gasir besar kita tahu bahwa kontak langsung dengan sumber penyakit akan membuat kita terjangkit.
Mengacu permasalahan tersebut, virus flu burung memang harus diwaspadai. Para peternak unggas dihimbau agar tetap menjaga kebersihan dan kesehatan unggasnya dengan kesadaran yang tinggi untuk tidak menjual unggasnya yang diduga positif flu burung.
 

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.39802 seconds.