Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Isu Pasar Sehat; Rangsangan dan Harapan (Markai) Pendapat

Ibu Kota Serang - Suara Komunitas.net -  Setelah adanya program pasar sehat, yang dilakukan oleh penggiat pasar sehat dan PMI, kini pasar sehat memberikan sebuah pemandangan baru kepada pembeli, penjual dan lingkungan pasar, pasar menjadi lebih bersih nyaman dan juga peduli akan kesehatan lingkungan pasar dan produk yang mereka jual-belikan, pengunjung atau pembeli lebih mengerti juga memahami produk yang mereka beli.

Isu bergemanya Pasar sehat yang berlangsung di pasar memberikan pemahaman kepada penjual dan pembeli daging unggas. Daging unggas yang mereka jual belikan kini sudah tersisipi konsep tentang unggas yang sehat, baik, dan halal, serta pemahaman tata cara penjualan daging unggas dalam pemotongan daging unggas yang dilakukan di lingkungan pasar.
Hal tersebut tentu akan memberi kontribusi dalam upaya memberikan kepercayaan akan kehalalan dan kesehatan unggas yang mereka jual-belikan.

Ada sebuah pemahaman yang keliru, pemotongan ayam dalam lingkungan pasar tidaklah tepat jika dimaksudkan untuk mencegah penularan virus yang ada pada unggas agar tidak tersebar di lingkungan keluarga atau rumah mereka, virus H5N1 bukan berarti menempati hewan unggas yang masih hidup, melainkan virus ini dapat masih mungkin dapat bertahan di cairan daging yang tidak steril. Butuh pemeriksaan secara klinis untuk memastikan bahwa daging unggas terbebas dari virus H5N1.

Isu “Pasar Sehat” yang dilakukan oleh beberapa organisasi non pemerintah cukup banyak dilakukan dilakukan. Setidaknya kegiatan tersebut memiliki semangat cita-cita agar pasar menjadi bersih, nyaman dan sehat , para penjual mengerti dan memahami tentang etika berjualan, serta pasar tidak mejadi tempat yang kotor dan semerawut, baik pada tempat atau lapak basah maupun tempat atau lapak kering.

Kendati pasar tradisional merupakan pasar plat merah, namun kesadaran menciptakan suasana pasar yang bersih merupakan tanggungjawab bersama, baik para pengelola pasar, para pedagang, maupun para pengunjung.

Apalagi akhir-akhir ini, banyak ditemukan situasi pasar dimana bercampurnya berbagai macam pedagang di suatu zona tertentu. Kalau tidak saling berada di kesepahaman yang sama, impian pasar yang bersih dan sehat akan terwujud dengan membutuhkan waktu dan tenaga serta biaya yang cukup besar.

Perlu diingat, bahwa pasar merupakan tempat transaksi jual-beli kebutuhan masyarakat maka kebersihan, kenyamanan, kehalalan dan kesehatan dalam lingkungan pasar, mutlak dibutuhkan.
 

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09231 seconds.