Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Aisyiah Kabupaten Cianjur Bersuara Pendapat

Cipanas-suarakomunitas.net. Pasar tradisional mempunyai image yang negatif di masyarakat, dalam benak setiap orang terbayang pasar tradisonal adalah suatu tempat yang identik dengan tempat kotor, berbau tidak sedap, becek, pengap. Selain itu juga menjadi tempat perkembangbiakan binatang penular penyakit, seperti kecoa, lalat dan tikus. Hal inilah yang menjadi salah satu sebab sebagian masyarakat enggan berbelanja ke pasar tradisional. Namun kondisi ini hampir sudah dapat di atasi di pasar Cipanas Kabupaten Cianjur.

Hj. Titin (35) perwakilan dari ibu-ibu aisyiah kabupaten cianjur bahwa Tujuan penyelenggaraan Pasar Sehat adalah untuk mewujudkan pasar yang bersih, aman, nyaman, dan sehat melalui kemandirian komunitas pasar. Komunitas pasar diharapkan dapat mewujudkan dan memelihara kesinambungan pasar sehat.
Ada 6 aspek kriteria pasar yang dianggap sehat, yaitu kelaikan lokasi pasar, sanitasi ruang dan bangunan, perilaku hidup bersih dan sehat, keamanan, dan kenyamanan. Dalam operasional pasar tradisional sangat perlu adanya kesadaran dari komunitas pasar untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan pasar.

Komunitas pasar tersebut antara lain pengelola pasar, pedagang dan konsumen. Tanggung jawab untuk menciptakan dan menjaga kondisi pasar tradisional agar menjadi pasar yang sehat tidak hanya pada pengelola pasar saja. Pemangku kepentingan yang lain juga punya andil besar dalam terwujudnya pasar sehat. Tanpa adanya kerja sama yang sinergis diantara kmunitas pasar sulit sekali dapat mewujudkan pasar sehat. (Hafsoh-cpns
 

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09048 seconds.