Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Pasar Cipanas, Pasar Percontohan Pendapat

Cipanas- Suara Komuntas.net. Pasar Cipanas merupakan salah satu pasar tradisional yang paling unggul diantara pasar yang lainnya, mengingat kondisi pasar yang cukup strategis dan juga status pasar induk yang memiliki income terbesar di kabupaten cianjur, berdasarkan hal ini sangatlah wajar jika pasar cipanas mendapatkan berbagai penghargaan atas prestasinya. Namun demikian berbagai kritik dan saran untuk membangun pasar yang lebih baik terus di sampaikan dari berbagai pihak seperti pendapat Nizar Kamil (38) coordinator program kampanye pasar sehat dari Combine berpendapat, “bahwa Untuk mewujudkan mutu lingkungan hidup yang lebih sehat dilakukan melalui pengembangan Sistem Kesehatan Kewilayahan untuk menggerakkan pembangunan lintas sektor berwawasan kesehatan. Kondisi Pasar yang bersih, aman, nyaman dan sehat yang terwujud melalui kerjasama stakeholder terkait dalam menyediakan bahan pangan yang aman dan bergizi bagi masyarakat”. Ungkapnya.

Tujuan dari pengembangan program Pasar Sehat adalah tersedianya pasar dengan infrastruktur yang memenuhi persyaratan kesehatan, terselenggaranya pengelolaan pasar yang memenuhi persyaratan kesehatan dan berkesinambungan, terwujudnya prilaku pedagang, pengelola dan pengunjung untuk hidup bersih, sehat dan higienis.

Kebijakan Dinas Kesehatan dalam program Pasar Sehat adalah mengembangkan jejaring kerja dan kemitraan antar sektor terkait (instansi lain, swasta, LSM) sebagai upaya untuk membangun komitmen dan berperan dalam penyelenggaraan pasar sehat. Meningkatkan Profesionalismes Petugas Kesehatan yang membidangi Kesehatan Lingkungan dan promosi kesehatan dan Pengelola Pasar melalui Peningkatan Kapasitas SDM yang memfasilitasi Penyelenggaraan Pasar Sehat. Semoga prestasi demi prestasi yang didapatkan oleh pihak pengelola pasar cipanas dapat menjadi motivasi untuk terus melakukan proses penyempurnaan dalam mewujudkan pasar sehat. (Hafsoh-cpns
 

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09586 seconds.