Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Petani Tebu Diimbau Gunakan Pupuk Kandang Berita

REMBANG, Suarakomunitas.net - Seiring datangnya musim penghujan di Kabupaten Rembang, sejumlah petani tebu bersiap melakukan tanam tebu pada sejumlah lahan baru sebagai upaya untuk mewujudkan swasembada gula di provinsi Jawa Tengah pada 2013.

Ketua Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia Kabupaten Rembang, Maryono, Selasa (11/12), mengatakan, untuk meningkatkan hasil panenan, petani hendaknya melakukan pemupukan organik pada lahan baru sebelum dilakukan penanaman.

Dikatakannya, pupuk organik yang paling mudah dan murah didapat adalah pupuk kandang. "Untuk meningkatkan produktivitas tebu, hendaknya petani melakukan pemupukan lahan dengan pupuk organik sebagai dasaran sebelum ditanami. Pupuk organik bisa berupa pupuk kandang. Ini sangat penting dilakukan untuk meningkatkan hasil panenan," katanya.

Maryono menambahkan, selain olah tanah yang memadai, produktivitas tebu sangat bergantung pada penggunaan pupuk yang berimbang. "Karena itu, penggunaan pupuk organik sangat tepat sebagai upaya untuk memaksimalakan pertumbuhan sehingga baerdampak pada meningkatnya rendemen dan produktivitas hasil panenan," tambahnya.

Maryono menegaskan, selain pupuk berimbang, pemilihan bibit unggul juga sangat penting. Hanya saja, sejauh ini pihaknya belum dapat memastikan jenis bibit yang cocok untuk ditanam di Kabupaten Rembang. "Sesuai anjuran Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Rembang, petani hendaknya memilih jenis bibit yang sudah bersertifikasi," tambahnya lagi.

Dengan pengolahan tanah yang memadai, pemupukan berimbang serta pemilihan bibit yang bersertivikasi, diyakini produktivitas tebu di Kabupaten Rembang dapat meningkat sehingga mampu memberikan kontribusi besar untuk terwujudnya swasembada gula di Provinsi Jawa Tengah pada 2013. (Rom) 

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09293 seconds.