Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

RTM Dilibatkan dalam Perencanaan PNPM MD Berita

Siwalan-Pekalonga.n Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM MD) Desa Mejasem, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan mengadakan musyawarah dusun (Musdus) untuk tahun anggaran 2013 beberapa waktu yang lalu di Balai Desa Mejasem dengan melibatkan Rumah Tangga Miskin (RTM).

Ali Ashadi, Ketua TPK mengatakan Musdus merupakan wadah untuk menggali gagasan atau usulan dari masyarakan untuk kegiatan yang akan dilaksanakan oleh PNPM MD, baik berupa kegiatan fisik (sarana prasarana) maupun non fisik (Simpan Pinjam Perempauan dan pelatihan ketrampilan). Ali Ashadi mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk dapat mengeluarkan usulan-usulan yang berguna untuk membangun Desa Mejasem sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh masyarakat itu sendiri, khususnya rumah tangga miskin.

Di dalam Musdus dilakukan musyawarah yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat khususnya RTM (rumah tangga miskin) karena salah satu tujuan dari PNPM adalah untuk penanggulangan kemiskinan, maka dalam musdus RTM dilibatkan secara langsung dalam penggalian gagasan agar usulan yang muncul sesuai apa yang diharapkan oleh RTM, kata Ali ashadi

Musdus dimulai dengan diskusi seluruh anggota musyawarah untuk menentukan kriteria RTM dan membuat peta sosial desa yang berisi lokasi-lokasi desa tentang kondisi riil sosial ekonomi masyarakat, kemudian peserta musdus menggali apa yang menjadi masalah yang dihadapi oleh masyarakat khususnya RTM, mencari penyebab masalah yang timbul di masyarakat, serta mencari potensi-potensi apa yang ada untuk menanggulangi kemiskinan dan mencari solusi yang tepat untuk menghadapi masalah kemiskinan yang dihadapi RTM. Harapannya usulan yang nantinya terdanai oleh PNPM MD sesuai harapan masyarakat khususnya RTM.

Hal senada disampaikan oleh Nasikhin selaku Kepala Desa Mejasem dalam sambutannya mengatakan bahwa Musdus merupakan alat untuk menggali gagasan-gagasan warga untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan desa Mejasem. Menurutnya, PNPM MD adalah kegiatan yang berasal dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat.

Segala usulan PNPM muncul dari masyarakat melalui musdus, PNPM juga dilaksanakan oleh masyarakat, yaitu TPK yang dipilih oleh masyarakat dan diawasi oleh masyarakat dan melibatkan masyarakat dalam pelaksanaannya, serta kegiatan PNPM adalah untuk masyarakat yaitu untuk kesejahteraan masyarakat khususnya RTM.

KAMAL YUSUF, KPMD (Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa) Desa Mejasen Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan
 

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09457 seconds.