Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Warga Bagelen dan Pasar Minggu Minim Jaga Lingkungan Sungai Berita

Gedongatatan - SuaraKomunitas.Net,
Sungai Way Semak yang melintas di Desa Pasar Minggu dan Desa Bagelen tercemar limbah rumah tangga. Air sungai tersebut berwarna kecoklatan dan tertutup sampah.

Agus (36), salah seorang warga di sekitar aliran sungai, menjelaskan bahwapenyebab utama tercemarnya sungai Way Semak karena minimnya partisipasi warga menjaga kebersihan sungai. Menurutnya, tak jarang dirinya terpaksa seminggu sekali turun ke sungai membersihkan bendungan dan sungai dari sampah.

"Jika hujan tiba, air sungai akan meluap dan terjadi banjir", tambah Agus.

Tak hanya itu, dampak pencemaran sungai ini juga telah dirasakan langsung oleh warga sekitar sungai. Air sumur warga kini ikut kotor dan berbau karena rembesan air sungai.

Agus dan warga sekitar sungai menyayangkan sikap pemerintah setempat yang tidak memperhatikan kondisi sungai tersebut. Ia menghimbau pemerintah agar lebih mendorong warga sekitar sungai untuk ikut membersihkan dan merawat sungai untuk kesejahteraan bersama. (Hani)

Komentar (1)

  • 13 Mei 13 05:31 wib Sarwono

    Setuju... mestinya adalah tanggung jawab pemerintah untuk secara rutin melakukan 'normalisasi' sungai, setidaknya setahun sekali. usul jg seandainya ada 'komunitas lingkungan' yg khusus menangani kebersihan sungai, mkn warga lama kelamaan akan sungkan jg bl sembarangan buang sampah di sungai, bl selalu ada yg memperhatikan.... salam....

Page generated in 0.09625 seconds.