Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Industri Klanting Kerap Hadapi Masalah Berita

Gedongtatan - SuaraKomunitas.Net,
Klanting sejak lama telah menjadi jajanan primadona warga Pesawaran. Tak heran jika klanting menjadi menu pelengkap makanan masyarakat.

Tina (40), warga Karang Anyar, salah seorang pemilik industr rumahan klanting di Desa Karang Anyar, menjelaskan bahwa proses pembuatan klanting dapat dilakukan dengan cara diparut dan digetuk. Menurutnya, usaha yang telah dirintis dua tahun ini membantu perekonomiannya dan warga sekitar.

"Saya juga memperkerjakan beberapa warga sekitar rumah saya sebagai karyawan", tambah Tina.

Saat ini pelaku usaha klanting hanya memasarkan produknya kepada pedagang untuk dipasarkan kembali ke luar Pesawaran. Namun, akhir-akhir ini usaha rumahan kelanting menghadapi kendala untuk mempeoleh bahan baku.

Beberapa kali pelaku usaha klanting mendapat bantuan dari Pemerintah, namun tidak merata. Beberapa pelaku usaha klanting mendapatkan bantuan berulangkali, sebagiannya lagi tidak pernah memperoleh bantuan.

Para pelaku usaha klanting berharap Pemerintah memperhatikan industri rumahan yang jumlahnya cukup banyak di Desa Karang Anyar ini. Pelaku usaha klanting juga berharap Pemerintah lebih jeli dan adil dalam dalam memberikan bantuan untuk usaha rumahan klanting di Desa Karang Anyar. (Hani)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.08825 seconds.