Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Ujicoba Linux BlankOn Versi Rakom di Lampung Berita

Bandar Lampung - SuaraKomunitas.Net,
Komitmen Jaringan Radio Komunitas Lampung (JRKL) untuk menggunakan sistem komputer sumber terbuka (open source) tidak perlu diragukan lagi. Sejak 2009 lalu JRKL giat mengkampanyekan penggunaan linux di radio komunitas (rakom) anggotanya. Setidaknya, ada 5 rakom yang telah menggunakan linux, diantaranya Klatak FM, I-Radio, Suara Kota 107,7 FM, RGL FM dan RKSP FM.

Linux yang digunakan umumnya adalah Ubuntu. Namun, kini JRKL mengujicoba BlankOn versi rakom.

Sistem komputer BlankOn versi rakom ini berbasis BlankOn Patimura yang telah dipaket ulang dengan program yang dibutuhkan untuk siaran rakom oleh pegiat Yayasan Air Putih. Dengan sistem komputer ini, pegiat rakom cukup menginstal dari keping CD dan langsung dapat digunakan untuk bersiaran secara on air maupun on line dan merekam suara tanpa memerlukan repositor maupun jaringan internet.

Saat ini I-Radio, Pesawaran, berkesempatan mengujicobakan BlankOn versi rakom. Dengan BlankOn versi rakom keluhan rusaknya komputer siar karena virus komputer ternyata dapat diatasi.

Untuk sementara, proses instalasi masih dikerjakan bersama dengan pegiat JRKL. Ke depan pegiat I-Radio akan belajar khusus tata cara penginstalannya. (Rifky)

Tulisan ini juga dipublikasikan di http://jrklampung.org/?p=519

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.08907 seconds.