Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Perlu Pembiasaan Pendapat

Ada kondisi yang menggambarkan bahwa rapi dan bersihnya pasar dapat menambah daya tarik pembeli atau orang yang belanja, ditambah dengan udara yang sejuk dan suasana yang nyaman. Idealnya, jika kondisi Pasar sudah dalam keadaan seperti ini niscaya harapan terjualnya barang dagangan akan mencapai hasil yang maksimal.

Perilaku pedagang cukup berpengaruh kuat kepada pembeli dan daya beli itu sendiri. Ada sebuah potret yang menggambarkan keramahan pedagang dan keluwesan dalam mendapatkan keuntungan yang barokah ditandai dengan sikap hidup bersih.

Sikap hidup bersih ini tentu sampai pada perilaku steril. Contoh begini, seseorang yang baru saja membersihkan tempat jualannya tentu ia akan sedikit kotor karena di sebagian tangannya tercemar kotoran, maka ia segera membersihkan diri dan pakaiannya serta peralatan jualannya agar benar-benar steril, tidak nampak lagi percikan atau noda-noda saat ia melayani langganannya.

Perilaku baik ini perlu dibiasakan dan "didakwahkan" atau dicontoh pedagang lainnya agar menjadi suatu hal yang memuaskan pelanggan. Kepuasan pelanggan ini biasanya sampai pada rendahnya harga yang ditawar, atau malah sampai pada kerelaan tidak diambilnya ratusan rupiah kembalian pembayaran belanja.

Salam Arul Serang.

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.1944 seconds.