Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Maraknya Pemburu Liar di Hutan Merapi Pendapat

Magelang – Memelihara burung berkicau memang sangat menyenangkan bagi kalangan orang-orang penggemar burung. Apa lagi para pemburu burung atau binatang lainnya yang ada di hutan menjadikan sebuah tantangan dan hobi tersendiri. Apa lagi di hutan merapi yang minim penjagaan atau pengawasan dari pihak terkait.

Dengan maraknya pemburu liar di kalangan merapi khususnya di wilayah Kecamatan Dukun yang wilayahnya sampai di Hutan merapi. Pemburu liar yang suka berburu burung,Tupai dll di area hutan merapi sangat mengganggu ekosistem hutan merapi.

 

 

Kesadaran para pemburu yang biasanya dari masyarakat merapi sendiri akan tetapi yang masuk di wilayah Ring 2 yang tidak langsung bersentuhan dengan hutan merapi sangatlah kurang akan perhatiannya terhadap hutan merapi.

Semasa pasca erupsi dan tahap recovery banyak warga dan relawan berserta NGO yang gencar-gencarnya melakukan penghijauan dan perlindungan satwa merapi,semisal dengan program pelepasan seribu ekor burung di hutan merapi di kala itu bertujuan untuk menjaga ekosistem hutan merapi.

Akan tetapi maraknya pemburu liar akhir-akhir ini yang menggunakan senapan atau Jaring Jebakan untuk burung yang dilakukan di hutan merapi sangat tidak baik dilakukan. Upaya dari warga sekitar hutan merapi hanyalah mampu memperingatkan para pemburu yang terlihat masuk di area hutan merapi tetapi tidak di gubris oleh sebagian besar pemburu. Warga sekitar juga melakukan perobohan jaring jebakan burung yang dipasang oleh para pemburu burung setelah dipasang dan dtinggal oleh para pemburu,warga bergegas merubuhkannya.

Sebenarnya siapakan yang berhak menjaga dan melindungi hutan merapi dari dinas terkait? Kecuali dari warga sekitar hutan merapi yang peduli lingkungan. Warga merasa hutan merapi sangatlah bermanfaat bagi rakyat sekitar diantara lain menjadi tampungan atau resapan air saat hujan,kayu-kayu yang sudah tua bisa menjadi keuntungan warga sekitar sebagai bahan bakar,yang paling penting sebagai peminimalis saat terjadinya erupsi merapi,dll manfaatnya.

Diharapkan dengan kejadian-kejadi itu bisa menyadarkan masyarakat khususnya para pemburu untuk ikut serta dalam pelestarian hutan merapi dan pelindungan satwa merapi.

(Bayu.SN)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09013 seconds.