Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

MMKM dan Jaya Kusuma Inisiasi Dusun Bebas Asap Rokok Berita

Sejak awal April 2012 lalu, Karang Taruna Jaya Kusuma menggandeng Karang Taruna Unit MMKM menginisiasi Dusun Bebas Asap Rokok di Padukuhan I. Program ini merupakan bentuk kepedulian dan aksi nyata dari pemuda Singosaren akan bahaya merokok. Gerakan ini tidak bermaksud melarang individu untuk merokok. Yang menjadi poin inti dari gerakan ini adalah menghimbau kepada pada perokok untuk bertoleransi dengan individu yang bukan perokok.

Dalam menginisiasi Dusun Bebas Asap Rokok, tim dari MMKM selaku penggerak program ini sudah melakukan koordinasi dengan Dukuh dan Ketua RT setempat. Selanjutnya, tim akan melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat secara keseluruhan. Sebagai sebuah bentuk komitmen, di pertengahan bulan Mei ini akan diadakan Deklarasi Dusun Bebas Asap Rokok.

Disampaikan oleh Koordinator Program, Dian Budiyanto, dalam mewujudkan Dusun Bebas Asap Rokok, ada setidaknya permintaan yang dimohonkan kepada para perokok. Pertama, jangan merokok di dalam rumah, karena di dalam rumah ada keluarga dan anak-anak kita yang harus diselamatkan dari racun asap rokok. Kedua, Jangan merokok dalam pertemuan warga karena di dalam pertemuan tersebut ada individu-individu yang tidak merokok. Hargailah mereka. Ketiga, jangan menyediakan asbak di dalam rumah untuk mencegah para tamu merokok.

Ditambahkan oleh dian, gerakan ini juga tetap menghargai para perokok. Akan disediakan ruang-ruang yang dapat digunakan untuk merokok. Sehingga, mereka yang merokok tidak perlu merasa khawatir. Salah satu tempat yang rencananya dapat digunakan untuk merokok adalah gardu.

Sebagai inisiator, Humas KT Jaya Kusuma, Imron Rosadi menghimbau kepada seluruh warga masyarakat, khususnya yang ada di Padukuhan I untuk mendukung gerakan ini. Hal ini juga menjadi penguatan Padukuhan I sebagai Desa Sehat se Propinsi DIY. Kedepan, program ini juga akan dikembangkan ke padukuhan lain di Desa Singosaren. KT Jaya Kusuma dibantu oleh Dinas Kesehatan Bantul siap mendukung para pemuda unit yang berminat untuk mengembangkan program serupa. (lisa)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09059 seconds.