Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Radio Taratak fm Adakan Acara Saluang Oyak Berita

Saluang ialah salah satu alat musik tradisional Minang. Saluang terbuat dari seruas Talang (sejenis Bambu) dan dilobangi sebanyak empat lobang untuk nadanya. Saluang dibunyikan dengan cara ditiup. Peniupnya disebut Peniup Saluang. Sedangkan penyanyinya disebut Padendang.

Saluang oyak ialah sebuah pertunjukan saluang yang dipandu oleh seorang juru mudi atau tukang oyak (semacam Master Ceremony/MC). Penggemarnya yang biasa disebut Pagurau boleh minta lagu favoritnya untuk didendangkan oleh Padendang dan juga pagurau boleh menyampaikan pesan ataupun berpantun melalui kartu. Kartu ini dibacakan oleh tukang oyak. setiap kali pembacaan kartu, pagurau memberikan uang kepada tukang oyak, biasanya paling kecil Rp 5.000 dan paling besarnya tergantung pagurau. Pagurau terus berbalas pantun, pesan serta minta lagu berulang ulang melalui kartu hingga berakhirnya acara. Biasanya acara dimulai jam 22 sampai jam 02.

Radio Taratak fm bekerja sama dengan pagurau saluang jorong Taratak, nagari Kubang. telah mengadakan acara saluang oyak untuk yang kedua kalinya pada 10 April yang lalu. Kalau memungkinkan rencananya acara ini akan diadakan sebulan sekali. Dikarenakan studio radio Taratak tidak bertempat di pinggir jalan raya, maka pertunjukan saluang oyak diadakan dihalaman rumah salah seorang pagurau saluang yang berjarak ± 100 M dari studio radio Taratak. Acara ini disiarlangsungkan oleh radio Taratak fm melalui sebuah peralatan/pemancar dari lokasi acara ke studio radio Taratak. (Simen Hadi)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09048 seconds.