Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Serba 'Ekstrim' di Kota Tomohon (Bag.2 - Bukit Doa Mahawu) Pengalaman

Sulawesi Utara - Punya rencana bepergian ke Sulawesi Utara? Jangan lupa untuk singgah di Kota Tomohon. Inilah kota yang menyimpan pesona ‘ekstrim’ bagi para penjelajah nusantara. Di kota ini kita akan menjumpai apa yang disebut ‘ekstrim’ oleh para pelancong. Mulai dari wisata kuliner sampai pada wisata alamnya. Tertarik? Ikuti perjalanan Suara Komunitas di kota yang terus dilanda bencana letusan gunung Lokon ini… Ayo kita ke Tomohon…

KOTA Tomohon terletak di ketinggian ±700 m dari permukaan laut (dpl) dan dikelilingi oleh 3 gunung yakni Gunung Lokon (1.689 m dpl), Gunung Mahawu (1.311 m dpl) dan Gunung Masarang. Kota Tomohon berjarak 23 km dari Manado ibu kota Provinsi Sulawesi Utara dengan luas 147,21 Km2. Batas Bujur Lintang Kota Tomohon terletak pada 010 18' 51" Lintang Utara dan 1240 49' 40" Bujur Timur.

Setelah mengunjungi Pasar Tradisional Tomohon, anda disarankan untuk melihat kehebatan pesona Bukit Doa Mahawu. Ya, dinamakan “Bukit Doa” sebab suasana lokasi tersebut sangat teduh bagi siapa saja yang ingin mencari ketenangan. Bukit Doa Mahawu merupakan tempat ibadat atau ziarah bagi umat Kristiani. Oleh karena itu disebut Bukit Doa. Ditempat ini anda bisa melakukan kegiatan outbound atau gathering, performance art, dan lain sebagainya. Bukit Doa Mahawu adalah perpaduan antara sinergitas alam, bangunan dan rohani. Disepanjang jalan setapak di bukit ini tumbuh pohon-pohon dan bunga-bunga khas Sulawesi. Menariknya, terdapat Taman Pieta (replika karya Michael Angelo ketika Ibu Yesus memangku jenasah PutraNya), ada Gua Maria, Via Dolorosa, dan Wedding Chapel.

Area Bukit Doa ini paling suka dikunjungi oleh para generasi muda. Saat Suara Komunitas mengunjungi tempat ini, suasananya sangat ramai oleh para anak muda. Selain itu terlihat beberapa pasangan yang melangsungkan pengambilan gambar foto pra-wedding. Salah satu pengunjung mengutarakan jika lokasi Bukit Doa sangat cocok untuk siapa saja yang ingin menikmati liburan, “Tempat ini sangat menguji hati dan pikiran, mungkin terbawa suasananya yang amat teduh,” tutur Seska Sinaulan.

Sesuai namanya, Bukit Doa Mahawu terletak di Gunung Mahawu, sebuah gunung berapi Stratovolcano yang terdapat di sebelah timur Gunung Lokon. Gunung Mahawu juga merupakan salah satu objek wisata andalan Tomohon dan Sulawesi Utara yang berada pada ketinggian 1.311 meter. Gunung ini memiliki kawah berkedalaman 140 meter dengan lebar 180 meter yang membentuk dua kerucut Piroklastik di lereng utara. Menurut petugas pemantau gunung api Lokon dan Mahawu, Ruskanda Bina, letusan Mahawu awalnya terjadi pada tahun 1789 dengan kategori letusan kecil. Kemudian pada tahun 1994, gunung ini kembali meletus, “Di tahun 1994, Mahawu mengeluarkan letupan lumpur fumarol dan aktifitas geyser yang mengoyak sepanjang danau kawah berwarna kehijau-hijauan,” ungkap Bina.

Nah, anda tertarik dengan ragam wisata ini? Jangan ragu untuk mendatangi Kota Tomohon di Sulawesi Utara. Cerita wisata dari Kota Tomohon masih tersisa… (Bersambung - jrksulut)
 

Komentar (5)

Page generated in 0.14439 seconds.