Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Pemerintah Desa Karang Bajo Pasang Gapura Siaga Aktif Berita

KLU, Suarakomunitas - Pemerintah desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, 7/3 memasang gapura desa siaga aktif diperbatasan antar desa Anyar dengan desa Karang Bajo.

Pemasangan gapura yang terletak di Dusun Lokok Aur tersebut bertujuan untuk menunjang petugas pelayanan kemasyarakat khususnya di bidang kesehatan.

Kepala Desa Karang Bajo, Kertamalip mengatakan, dari sembilan desa yang ada di kecamatan Bayan, semua desa dimasukkan katagori desa siaga, dan desa Karang Bajo dikukuhkan menjadi desa siaga aktif.

Masuknya desa Karang Bajo menjadi desa siaga aktif setelah dilakukan penilaian oleh Dinas Kesehatan Kecamatan Bayan. Sementara yang dinilai oleh Dikes adalah dibidang Posyandu yang hampir semua dusun yang ada di Desa Karang Bajo memiliki bangunan Posyandu.

Demikian juga dengan pelayanan kesehatan bersalin, bahwa desa Karang Bajo menduduki urutan pertama, karena rata-rata ibu melahirkan ditangani petugas bidan desa dan dibantu oleh kader posyandu dan dukun.

Dikatakan, desa Karang Bajo juga memiliki ambulance dusun untuk mengangkut warga yang melahirkan ke petugas kesehatan.

Kertamalip menambahkan, kendati sudah dimasukkan menjadi desa siaga aktif, namun hingga saat ini belum memilki bangunan polindes sebagai prasayarat menjadi desa siaga aktif.

Sementara yang duduk menjadi pengurus desa siaga aktif antara lain, sebagai kader pendamping, Suriatni dan Dedy Irawan. Pembina, kepala desa Karang Bajo, ketua forum, M. Syairi, sekertaris, Rusmiatun, Bendahara, Sakrah.

Pengurus inti ini ditambah dengan beberapa seksi, yaitu, seksi pengamatan penyakit, Fitriah, Seksi gawat darurat bencana, Hermanto, Seksi kejadian luar biasa, Arsalip, seksi prilaku hidup bersih dan sehat, Rusmiati, seksi ambulan desa, Sukiono, Donor darah, Kasmadi, pendanaan, Ida Rosyanti dan seksi pencatatan dan pelaporan, Baiq Indranten.

Semua pengurus ini sudah dimuat dalam Surat Keputusan Kepala Desa Karang Bajo, Nomor 7 Tahun 2011, tentang Penetapan Pengurus Desa Siaga Aktif. (sk-010)

Komentar (1)

  • 5 Apr 12 07:08 wib herkhan malingi

    terima kasih kepada seluruh warga desa karang bajo kec. bayan yang telah memberikan tenaga, tempat nginap dll,,,, sehingga kita dari Mahasiswa KKN Unram bisa melaksanakan tugas dari kampus.. salam dari Mahasiswa KKN Unram periode I tahun 2012.

Page generated in 0.11577 seconds.