Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

ASEAN Tujuan Wisata Dunia Berita

Manado, SK - Pertemuan Menteri Pariwisata Association of South East Asia Nation (ASEAN) ke-15 dalam ASEAN Tourism Forum (ATF) yang berlangsung di Kota Manado Sulawesi Utara memaparkan tentang keberhasilan pertumbuhan signifikan pengunjung international dimana ASEAN menarik 73,8 juta pengunjung pada 2011 dan menempatkan pertumbuhan yang sehat sebesar 12.2 peresen.
Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Marie Elka Pangestu saat memimpin pertemuan Menteri Pariwisata ASEAN di Novotel Manado Convention Center, Rabu (11/1). Di dampingi Menteri Informasi, Kebudayaan dan Pariwisata Laos sebagai Wakil Ketua Sidang, Marie Elka Pangestu memaparkan pertumbuhan kunjungan wisata di kawasan ASEAN.
“ASEAN menarik lebih dari 73.8 juta pengunjung tahun lalu dan menempatkan pertumbuhan yang sehat sebesar 12.2 persen. Intra ASEAN Travel mempertahankan posisinya sebagai penyumbang utama wisatawan dan 43 persen jumlah kedatangan internasional,” jelas Pangestu.
Terdapat beberapa kemajuan di bidang pariwisata seperti pelaksanaan ASEAN Tourism Strategic Plan (ATSP) 2011-2015 yang membentuk kelompok kerja pariwisata dan komite untuk mengidentifikasi langkah-langkah rinci melaksanakan ATSP tersebut, “Dalam rangka mendukung ATSP para Menteri bersepakat untuk meningkatkan kontribusi tahunan untuk ASEAN NTOs Fund dan saat yang sama meningkatkan bentuk kontribusi Negara Anggota dalam mendukung kegiatan-kegiatan pariwisata ASEAN,” ujarnya.
Para Menteri menegaskan kembali komitmen terus mendukung dan menfasilitasi proses pengembangan konektifitas ASEAN dan mengakui langkah-langka Master Plan ASEAN Connectivity (MPAC) yang membawa kemajuan di berbagai sektor. Menteri Pariwisata ASEAN ini juga menyambut berlakunya Persetujuan ASEAN Multilateral Agreement on the Full Liberalisation of Passenger Air Services (MAF-LPAS). (jrksulut)

Komentar (4)

Page generated in 0.09721 seconds.