Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Perhelatan Akbar Damang Kalimantan Tengah Berita

Keberhasilan implementasi REDD+ diharapkan tidak hanya berujung pada manfaat berupa reduksi emisi karbon, namun juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada umumnya, maupun masyarakat di sekitar hutan secara khusus, serta keutuhan fungsi ekosistem yang ditandai dengan tingginya keanekaragaman hayati dan jasa lingkungan lainnya yang merupakan tambahan manfaat dari implementasi REDD+.

Dengan adanya REDD+ membuat banyak aspek yang harus dipertimbangkan diantaranya aspek hak yang merupakan hal serius lebih penting daripada keberhasilan proyek REDD.

Dalam pelaksanaan REDD hak masyarakat di sekitar kawasan hutan harus menjadi prioritas. Menyikapi hal ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Dewan Adat Dayak Provinsi yang didukung oleh Kemitraan-Partnership for governance reform, mengadakan lokakarya dan Pelatihan "Kesiapan Pemangku Adat dalam Implementasi REDD+ di Provinsi Kalimantan Tengah Berdasarkan PERGUB No. 13 Tahun 2009 Tentang Tanah Adat dan Hak-hak Adat diatas Tanah Melalui Inventarisasi, Pemetaan Partisipatif dan Registrasi Kawasan Adat".

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari (28-30/11/2011) di Gedung Training Center REDD+. Lokakarya dan Pelatihan ini dihadiri oleh 60 Damang dari 13 Kabupaten dan 1 Kota Madya Provinsi Kalimantan Tengah.

Harapan dari para Damang terhadap kegiatan ini adalah; meningkatnya kapasitas dan pengetahuan tentang prinsip FPIC, Inventarisasi, Identifikasi, Pemetaan, Pematokan dan Pembuatan SKTA Tanah Adat dan Hak-hak Adat diatas Tanah serta terbangunnya komunikasi Damang antar Kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan ini juga diharapkan ada rekomendasi dan tindak lanjut serta catatan kritis terhadap proses pembuatan kebijakan/program yang telah ada maupun persiapan penerepan kebijakan REDD+di Kalimantan Tengah.

Saat berita ini diturunkan kegiatan Lokakarya dan Pelatihan Damang ini masih berlangsung (29/11/2011).

Komentar (1)

  • 6 Mar 12 08:58 wib Tingang Sofyan

    Mohon info alamat email n no hp Bung Dedi Siswanto YCI Kalteng. Trims

Page generated in 0.09112 seconds.