Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Hujan Deras, Sungai di Atas Badan Jalan Menyebabkan Jalan Imogiri Barat Tergenang Air Berita

Bantul - Hujan yang mengguyur wilayah Bantul dan sekitarnya menyebabkan jalan imogiri barat km 9 tepatnya sebelah selatan perempatan Sudimoro ke selatan kurang lebih 2 km tergenang air. Lokasi jalan banjir berada di wilayah desa Timbulharjo, Sewon, Bantul. Hujan memang deras dan dalam waktu yang lumayan lama. Selain jalan juga sawah pertanian juga banyak yang terendam air. Akibat tergenangnya jalan menyebabkan banyak kendaraan motor dan mobil macet di tempat.
 
Seperti pemaparan Amron Risdianto, “ genangan air yang mengenangi jalan imogiri barat tersebut karena luapan sungai yang ada di sebelah timur jalan. Posisi sungai yang berada di atas badan jalan menyebabkan air sungai meluap dan menggenangi jalan”.
 
Posisi sungai memang sangat mungkin menyebabkan genangan air di jalan. Ini karena aliran sungai yang sangat deras dan hujan yang gak berhenti – henti menambah volume air semakin bertambah. Bahkan banyaknya pengecoran yang berada di atas badan sungai juga salah satu yang menjadi penyebab karena aliran sungai semakin sempit.
 
Sedang saluran irigasi yang ada di bawah badan jalan juga sangat kecil juga strukturnya jelas tidak mampu menampung air yang terlalu banyak. Selain menyebabkan badan jalan yang tergenang air, sawah – sawah yang ada sekitar jalan tersebut juga ikut tergenang air. Belum diketahui berapa besar kerugian akibat genangan air yang menggenangi jalan dan persawahan tersebut.
 
Memang kejadian seperti ini sering kali terjadi kalau terjadi hujan. Bahkan tidak hanya waktu terjadi hujan lokal di sekitar tempat tersebut, kalau di hulu atau di sebelah utara dari aliran sungai hujan juga mengalami hal tersebut. Akan tetapi sampai saat ini juga tidak ada perhatian untuk mengatasi kejadian tersebut.

Komentar (4)

Page generated in 0.09434 seconds.