Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Raih Sukses dengan Budidaya Ikan Lele Dumbo Berita

Sleman- Yogyakarta. Peluang budidaya ikan air tawar sangat menjanjikan, itulah yang disampaikan pengusaha  budidaya ikan air tawar khususnya ikan lele yang telah mengenyam hasil dari usahanya. M. Yusuf HW.ST.  adalah  seorang pengusaha bisnis budidaya ikan air tawar khususnya ikan Lele dumbo, usaha yang dia geluti sejak tahun 1999 di dusun Krajan Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Usaha yang dia jalani ini kini  semakin berkembang pesat, karena selain budidaya ikan lele dumbo dia juga melengkapi usahanya dengan  jual beli ikan dari petani ke tengkulak, rumah makan, dan pasar tradisional. Dalam setiap hari rata-rata 5-6 kwintal lele dumbo dia butuhkan untuk memenuhi pelanggannya, dari jumlah kebutuhan tersebut petani lokal (Sleman-DIY) hanya mampu mencukupi kebutuhannya sebesar 30% sedangkan 70% dia datangkan  dari luar daerah seperti Madiun, Tulungagung, dan Banyumas.

Photo M Yusuf HW.ST (dok Djumadi-Widjaya FM)Alasan mengapa budidaya ikan lele masih belum banyak diminati, sehingga harus didatangkan dari luar daerah, menurut pengamatannya bahwa biaya operasional untuk budidaya  terlalu tinggi diantaranya  adalah mahalnya harga pakan, sehingga harga dari petani jkan lele dumbo DIY tidak mampu bersaing dengan harga petani ikan dari luar daerah. Untuk mengatasi hal ini maka perlu adanya pembinaan dan pendampingan usaha yang benar untuk para petani ikan di DIY baik dari instansi pemerintah maupun pihak-pihak yang peduli.
 

Ditambahkan juga oleh M Yusuf Hw. ST, bahwa banyaknya burung pemakan ikan seperti Cangawu dan sebagainya sangat merugikan petani ikan. Perlindungan terhadap satwa langka itu memang penting, akan tetapi perlu diperhatikan oleh pihak-pihak terkait seperti pengelola kebun binatang harus bertanggung jawab terhadap satwa yang bisa merugikan petani ikan, salah satunya dengan menyediakan makanan yang cukup di area kebun binatang tersebut.
Selanjutnya disampaikan pula bahwa dia  juga meberikan pelayanan dengan membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin berlatih secara kelompok maupun individu tentang tatacara budidaya lele dumbo. Banyak hal kepedulian kita  bersama, mengingat kebutuhan pangan semakin meningkat akan tetapi ketersediaan pangan justru semakin berkurang, sehingga sangat dibutuhkan  partisipasi dan kepedulian banyak pihak, bagaimana menjaga stabilitas persediaan  pangan yang cukup dengan tetap saling menguntungkan terutama bagi para petani sebagai pihak yang dalam hal ini paling berperan.

 

Djumadi-Widjaya FM

 

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09064 seconds.