Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Umbul Pajangan sebagai Sumber Kehidupan Warga Berita

Sleman - Sungguh menakjubkan, airnya sangat jernih dan belum pernah kering meskipun kemarau panjang, itulah umbul pajangan. Potensi sumber daya alam berupa sumber mata air yang deras, memiliki genangan air, luasnya sekitar 300 m2 dengan kedalaman 2 meter dari permukaan tanah. Umbul ini dikelilingi lahan pertanian yang sangat subur, berada di dusun Pajangan, desa Wedomartani, kecamatan Ngemplak, kabupaten Sleman. 

Menurut Kepala dusun setempat umbul ada sejak nenek moyang, dan pada tahun 1960 saat itu belum ada sumur-sumur warga sehngga merupakan sumber mendapatkan  air bersih. Saat ini selain digunakan sebagai tempat pemandian juga mampu mengairi lahan pertanian seluas 11 padukuhan. Untuk itu beliau juga mengharapkan partisipasi warga untuk selalu ikut bertanggungjawab dalam menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar umbul yang merupakan salah satu sumber untuk kehidupan masyarakat di sekitar umbul Pajangan.
 
Disampaikan pula oleh bapak Marno yang  merupakan tokoh masyarakat dusun Pajangan, bahwa umbul pajangan ini memiliki debet air sekitar 65 liter per detik, dan pada tahun 1987 pernah akan ditutup oleh pemerintah Daerah Kabupaten Sleman  dengan tujuan airnya akan dialirkan untuk kebutuhan air bersih di perkotaan, akan tetapi karena tidak mendapat persetujuan warga sekitar sehingga program tersebut akhirnya dihentikan  meskipun pembangunanya sudah berjalan dan sudah dipasang pipa-pipa aliran air bersih. Keinginan warga ini sangat beralasan diantaranya adalah bagaimana dengan sawah-sawah mereka jika umbul ini ditutup, apalagi di saat musim kemarau panjang.
 
Bila kita cermati dengan seksama saat ini sumber-sumber air di sekitar kita semakin berkurang, tetapi banjir banyak terjadi. Tentunya hal ini mengundang pertanyaan besar bagi kita mengapa bisa terjadi  "banjir dalam kekeringan". Tapi memang itulah kenyataan yang sedang kita hadapi. Lalu siapa yang harus bertanggung jawab..? dan apa yang sudah kita lakukan sebagai makhluk paling sempurna yang diciptakan  Tuhan..?
 
Reporter ; Djumadi - Widjaya FM

 

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09081 seconds.