Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Penghijauan Kawasan TPA tak Luput Dari Sasaran Dinas Kebersihan Berita

SUARA KOMUNITAS MCBFM. Tempat Pembuangan Akhir (TPA) identik dengan kesan kumuh. Namun berbeda dengan TPA Somompo. Apa pasal? Panataan taman dan penghijauan tempat tersebut terus dilakukan Dinas Kebersihan dan Pertamanan dibawah komando Julises Oehlers SH. Buktinya, gerakan penghijauan satu miliar pohon oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga dilakukan di TPA tersebut.

“Penghijauan semacam ini bukan hanya demi kita, namun juga demi masa depan anak cucu kita. Karena manfaatnya akan bisa dirasakan hingga 20 tahun kedepan. Selain itu areal TPA kami siapkan lokasi khusus untuk blok penghijauan sebagai nilai tambah dalam penilaian Adipura.,” terang Oehlers.

Bukan hanya itu, blok pembibitan tanaman pohon pun telah dipersiapkan yang nantinya bakal menjadi pohon pengganti yang rusak atau mati di pinggiran ruas jalan Manado.

“Selain ada program penghijauan di TPA kami juga siapkan blok khusus untuk pembibitan. Dan sekaligus kegiatan penghijauan ini sebagai bentuk pemulihan kawasan TPA,” bebernya.

Disatu sisi Oehlers menegaskan, kegiatan penghijauan semacam ini bukan hanya sangat penting demi penyelamatan lingkungan. Namun juga ada pahala yang sangat besar menanti dari kegiatan semacam ini.

“Banyak yang menyangka penghijauan tidak akan mendatangkan pahala sehingga mereka kurang mendukung program penghijauan. Padahal tanaman yang tumbuh dari penghijauan itu bukan hanya dirasakan manfaatnya oleh manusia, namun juga oleh hewan dan bumi sendiri. Intinya, manfaat pohonnya masih bisa dirasakan oleh mereka yang hidup,“ kuncinya. (Skoddy)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.08911 seconds.