Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Warga Tak Pernah Tahu Hasil Penelitian Air dan Ikan di Haranggaol Berita

Simalungun (Suara Komunitas.Net) Hampir sekali tiga bulan, Tim Peneliti dari Badan Karantina Perikanan Provinsi Sumatera Utara dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Sumatera Utara datang ke Haranggaol melakukan penelitian air dan ikan. Sejumlah warga selalu membantu dan mendampingi mereka. Namun hingga saat ini warga  tidak pernah tahu hasil penelitian itu.  

Jarisman Lingga, salah seorang warga Haranggaol yang sering membantu mengambil sampel air maupun ikan mengaku, ia sama sekali tidak tahu hasil penelitian itu. Pada awalnya, ia tidak mempersoalkan hasil penelitian itu. Namun karena banyaknya pertanyaan warga soal hasil penelitian, akhirnya ia menghubungi petugas penelitian itu untuk meminta hasilnya.

Menurutnya, saat warga meminta hasil penelitian air dan ikan, pihak Balai Karantina dan Badan Lingkungan Hidup meminta warga datang ke kantornya di Medan, yang jaraknya lebih kurang 200 KM. Karena sulit mendapatkan hasil penelitian tersebut, beberapa warga mengaku tidak lagi mau mendukung maupun membantu petugas  melakukan penelitian di Haranggaol.(jonson purba)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.08968 seconds.