Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Wisata Air Terjun Tumburano Berita

DESA LANSILOWO - Pulau Wawonii adalah pulau yang terletak di sebelah timur Provinsi Sulawesi Tenggara. Letak pulau ini tepat berada di Laut Banda. Luas Pulau ini  sekitar 1000 km2   Pulau ini bisa dicapai dengan kapal cepat sekitar 1,5 jam dari Kota Kendari.

Pulau wawonii adalah pulau yng kaya akan potensi pariwisata, salah satu tempat wisata yang terkanal dan selalu menjadi  dambaan masyarakat wawonii adalah Air Terjun Tumburano yang berada di Desa Lansilowo Kec. Wawonii Utara Kab. Konawe Sulawesi Tenggara.

Letak permandian air terjun tumburano dari perkampungan masyarakat sekitar tujuh kilo meter. Untuk mencapainya dapat menggunakan kendaraan bermotor roda dua. Sepanjang perjalanan kita dapat menikmati pemandangan hamparan perkebunan kelapa masyarakat setempat. Selai pohon kelapa kita juga dapat melihat perkebunan warga yang di tumbuhi oleh berbagai macam tanaman warga, misalnya coklat, jambu mete, lada, hamparan persawahan warga, dan berbagai macam tanaman yang menunjang kehidupan masyarakat setempat.

Sekitar 300 M sebelum sampai di lokasi permandian ini, kita harus berjalan kaki di tengah rimbun hutan yang masih perawan. Permandian air terjun tumburano memiliki keunikan yang menjadi magnet air terjun tersebut.  Tak seperti di tempat lain, menuju puncak  Tumburano ini terdapat gundukan batu yang bersusun. Jika memanjat sampai ke atas, ada cekungan yang membentuk  danau dengan air jernih, berasal dari akar pohon sekitar kawasan itu.

Air Terjun Tumburano memiliki nilai sejarah tersendiri bagi masyarakat wawonii. Menurut kepercayaan masyarakat, ada sebuah kisah percintaan yang pernah terjadi di tempat ini. Kisah ini menceritakan kehidupan asmara antara Durdalewula dan Wulangkonokoti yang tidak mendapat restu dari orang tua dan akhirnya mereka bunuh diri melompat dari puncak air terjun ini.

Air terjun Tumburano merupakan smber mata air sungai lansilowo yang brmuara di  Desa Lansilowo, aliran sungai ini merupakan sumber air bagi masyarakat untuk mengairi persawahan mereka. Di sekitar aliran sungai ini sangat subur  dan di manfaatkan oleh masyarakat untuk bercocok tanam berbagai macam tanaman untuk menunjang kehidupan mereka. (Ibe JRK Sultra)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09133 seconds.