Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Ngawi Gelar Dialog Publik dan Konfercab VI Berita

Ngawi (Suarakomunitas.net). Dalam  rangkaian acara Konfercab VI,  PMII Ngawi menggelar dialog publik bertema “Membedah Tindak Kekerasan Atas Nama Agama”. Sebagai pembicara adalah  KH. Sholahudin Wahid (Pengasuh Ponpes Tebu Ireng Jombang), Kapolres Ngawi, Mustofa Bisri (Ketua PUBK) dan wakil Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono, ST.

Beberapa Ormas, OKP, unsur Pemerintah serta puluhan kader PMII Ngawi turut menyemarakkan acara dialog publik ini yang dimulai pukul  13:30  hingga 16:30 WIB. Bertindak sebagai moderator adalah Husaini Amar

Dalam sambutannya, Ketua Panitia  Agus Susanto menyampaikan latar belakang dari dialog publik itu adalah maraknya tindak kekerasan berlabel SARA (suku, agama ras dan antargolongan) akhir-akhir ini sehingga membuat banyak pihak prihatin. Contohnya seperti di Pandeglang dan Temanggung. 

Konferensi Cabang (Konfercab) ke-VI Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Cabang Ngawi di gelar di Aula Desa Klitik, 05-08 juli 2011.  Peserta Konfercab kali ini lebih banyak dari Konfercab sebelumnya. Acara berlangsung demokratis dan "mengharukan". Konfercab dimulai oleh Panitia Stering Comitte (SC) dengan pembacaan berita acara Konfercab VI PC PMII Ngawi  yaitu  Agus Susanto,  Husaini Amar dan  Imam Munasir.  Acara dilanjutkan dengan sidang Pleno I untuk membahas tata tertib sidang.

Adapun agenda Sidang Pleno II adalah Pembagian Sidang Komisi-komisi. Para peserta dibagi menjadi empat kelompok. Selanjutnya sidang pleno komisi yang membahas soal paradigma, strategi pengembangan, pola kaderisasi,  tata laksana dan garis besar anggaran organisasi, pokok - pokok pikiran, rekomendasi dan pernyataan politik PMII Cabang Ngawi Periode 2011-2012.

Peserta mengikuti sidang pleno komisi dengan seriusi, mulai dari presentasi hasil komisi masing dan sesi pertanyaan dari peserta lainya. Setelah membacakan hasil pleno komisi dari masing kelompok selanjutnya  adalah agenda penyampaian LPJ periode kepengurusan 2009-2010 yang disampaikan pada keesokan harinya, mulai pukul 09.00.

Ketua Umum periode 2009-2010, Husaini Amar menyampaikan LPJ dengan serius. Ia berusaha menyakinkan seluruh peserta Konfercab bahwa kepengurusan cukup berhasil walaupun masih ada kekurangan yang patut dievaluasi. Suasana sidang mulai serius saat peserta mulai berkomentar. Peserta mengkritik maupun memuji dalam susasana yang serius. Perdebatan pun tidak dapat dielakkan. Kesimpulannya pertanggungjawaban kepengurusan periode 2009-2010 cukup baik dan bisa diterima. 

Agenda puncak konfercab adalah pemilihan ketua umum dan tim formatur baru periode 2011-2012. Pemilihan dimulai dengan penyampaian calon nama-nama yang pantas menjadi Ketua Umum PMII Cabang Ngawi secara tertutup (tertulis). Peserta menggunakan hak pilihnya melalui kertas yang telah disediakan panitia. Dari enam kandidat, Aris Trisilo Wibowo terpilih menjadi Ketua Umum Periode 2011-2012. 

Untuk menentukan kepengurusan periode 2011-2012, ditetapkan tim formatur yang terdiri Ketua Umum baru, mantan Ketua Umum sebelumnya, dan 4 orang yang dipilih oleh peserta. Empat orang yang memperoleh suara terbanyak menurut abjad adalah Agus Susanto, Sudarsono, Iswatul Hasanah, Sya’roni. Mereka berempat bersama mantan dan Ketua Umum baru bertugas untuk membentuk kepengurusan baru periode 2011-2012.

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.0905 seconds.