Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Gajah Putih dan Sundawani Cilik Goncang Alun - Alun Tasikmalaya Berita

Kota Tasikmalaya, Dihari-hari biasa, Alun-alun Tasikmalaya seringkali digunakan sebagai tempat nongkrong para remaja. Namun terasa sekali berbeda pada hari Rabu (29/6/2011), seiring dirayakannya HUT yayasan SANTIYAMA, tampak ibingan yang diperani oleh para pesilat cilik Tasik, dari perguruan Gajah Putih dan paguyuban Sundawani.

Ada berbagai penampilan yang ditampilkan, diantaranya seperti Ibing Ganda (dilakukan oleh dua orang yang bertarung), Ibing Tunggal (hanya dilakukan seorang yang mempraktekan rangkaian jurus), Rampak (dilakukan oleh dua orang atau lebih, mempraktekan rangkaian jurus), dan Demonstrasi (memakai senjata, seperti Golok dan Toya).

Anak-anak tampak terampil dalam memainkan perannya, ditambah alunan gamelan dan kendang yang mengiringi aksi para pesilat cilik itu, mereka benar-benar terlatih, sehingga membuat para penonton terpukau oleh aksi mereka, bahkan sampai ada yang ‘nyawer’ dengan uang ratusan ribu.

Respon para penonton terlihat sangat antusias, bahkan sampai ada yang tertarik ingin masuk perguruan pencak silat, hal ini dirasakan oleh gadis yang duduk disamping saya, Ai (17) “jurus-jurusnya benar-benar menarik dan banyak variasi..” begitulah pendapatnya saat ditanyai.

“Ngibing adalah kesenian asli sunda yang sayang sekali jika ditinggalkan, malahan harus kita lestarikan” sahut abah Iskandar, yang merupakan salah satu ‘sesepuh’ atau yang dituakan di Gajah Putih Tasikmalaya. Untuk saat ini, mungkin pengaruh dari luar kerap merasuki para remaja, sehingga tak jarang jika ada yang sampai melupakan budaya serta ciri khas bangsanya. Oleh sebab itu, teruslah tunjukan dan lestarikan keanekaragaman budaya kita, agar tetap dilihat dan dicintai oleh masyarakat, karena ingatan masyarakat sangat berperan dalam keberadaan budaya kita.

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09759 seconds.