Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Bencana Itu Merubah Senyum 7 Tahun TERAS FM Berita

Makassar. Nuansa kegembiraan itu jelas terlihat dari pengelola radio komunitas TERAS FM sehari sebelumnya. Mengingat setiap tanggal 17 juni radio pemulung ini merayakannya sebagai moment ulang tahun dan evaluasi pengelola rakom. Rencana perayaan sederhana juga dianggap telah siap.

Namun hanya butuh waktu tidak lebih dari 20 menit, si jago merah mengamuk meluluh lantahkan senyum bahagia itu menjadi sebuah suasana kesedihan. Derai tangis dan suara histeris memecah kepiluan masyakarakat dan anak ketika menyaksikan SKW tempat studio rakom TERAS mengudara menyapa seluruh komunitas pemulung setiap harinya, musnah seketika menjadi puing-puing arang.

Tepat hari  jumat, tanggal 17 juni 2011 radio komunitas TERAS FM telah eksis selama 7 tahun dan bersamaan saat itu kebakaran hebat merubah senyum 7 tahun TERAS FM.

Keinginan merayakan ultah yang sederhana berubah menjadi sebuah pemandangan yang mencekam. Anak-anak yang baru saja direkrut menjadi generasi pelanjut TERAS FM, urung dan batal melanjutkan cita-citanya belajar menyiar dan mengutak atik mixer untuk editing audio. Semuanya berakhir hanya dalam sekejap.

Rasa lemas dan kaku serta perasaan kehilangan mendalam membuat beberapa pengelola TERAS FM dan sejumblah masyarakat pemulung pingsan tak berdaya menyaksikan bencana kebakaran itu. Tempat berkumpul, bermain dan belajar anak pemulung yang berdiri sejak 1994 tersebut, telah menjadi kenangan indah.

Selain seluruh milik TERAS FM ludes terbakar, ribuan buku-buku bacaan anak pemulung di perpustakaan SKW dan 3 rumah warga sekitarnya juga lenyap ditelan api. Ditaksir kehilangan materi mencapai ratusan juta rupiah.

Bencana ini memang sangat menggores dan menghalangi cita-cita serta semangat perubahan, namun tiang antena TERAS FM yang masih kokoh berdiri memberikan isyarat untuk tidak menyerah dan surut bersuara  menyuarakan suara marginal. Karena “ Disini Suara Kita Bermakna” di 107,8 TERAS FM. Kuru’ Sumange’ki Cika’ (Batti Gadingka)

Komentar (1)

  • 17 Jun 11 14:08 wib wahyu

    apa yang bisa kita bantu? bagaimana kalau kita kumpulkan dana biar sedikit-sedikt siapa tahu bisa membantu...

Page generated in 0.74205 seconds.