Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Anggota KMPB Dilatih Tata Cara Berkomunikasi Berita

Arongan lambalek, Aceh Barat.  Sejumlah masyarakat yang tergabung dalam organisasi Kelompok Masyarakat Penanggulangan Bencana (KMPB) Aceh Barat melakukan sosialisasi tentang penggunaan alat komunikasi handy talky (HT) untuk peningkatan kapasitas masyarakat dalam hal pemberian informasi  semasa tanggap darurat bencana.

Sebagaimana yang dijelaskan oleh fasilitator Firman (29) sosialisasi tersebut berguna untuk meningkatkan kapasitas masyarakat yang tergabung dalam KMPB supaya lebih mahir menggunakan alat komunikasi HT tersebut.


Dalam kegiatan tersebut hadir perwakilan dari masing – masing kecamatan diantaranya dari  Woyla Barat, Woyla Induk, Meureubo, Samatiga dan  Arongan Lambalek. Kegiatan ini dilakasanakan oleh Yayasan Ibu Foundation salah satu lembaga yang masih mendampingi masyarakat dalam penanggulangan bencana di Aceh Barat.


Dalam Kegiatan ini Tim SK juga berkesempatan untuk mengikuti pelatihan, materi yang disampaikan merupakan tata cara berkomunikasi mulai dari tujuan komunikasi, sebelum komunikasi, etika berkomunikasi,  dan cara melakukan pemanggilan komunikasi.


Menurut salah seorang peserta dari Kecamatan Arongan Lambalek Musliadi (27) mengatakan pelatihan ini  sangat penting untuk tata cara berkomunikasi dengan baik, karena sebelum ada pelatihan diantara peserta KMPB sangat susah melakukan panggilan terutama saat terjadi bencana.


Pelatihan ini berlangsung penuh keakraban  dan menjadi ajang temu darat karena  selama ini mereka hanya berjumpa lewat udara. (rafi)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09205 seconds.