Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Masyarakat Adat Beda Dengan Lembaga Adat Berita

Makassar-Pada Rakerwil Aman ke-1 yang dilaksanakan di  Aula Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) sabtu  (9/4). Muncul issu menyamakan antara Masyarakat adat dengan lembaga adat, padahal menurut para dewan adat yang hadir dalam Rakerwil AMAN ke -1 ternyata ada perbedaan arti.

Sesuai dengan kongres pertama AMAN tahun 1999 di HI Jakarta yang dikatakan sebagai Masyarakat adat adalah komunitas"-komunitas yang hidup berdasrkan asal usul leluhur secara turun temurun diatas suatau wilayah adat  yang memiliki kedaulatan atas tanah dan kekayaan alam, kehidupan sosial budaya yang diatur oleh hukum adat dan lembaga adat yang mengelola keberlangsungan kehidupan masyarakatanya"

Masyarakat Adat adalah komunitas yang didalmnya ada lembaga -lembaga  yang menjalankan  fungsi-fungsinya  yang sudah disepakati oleh komunitasnya masing-masing. misalnya ketika dalam satu komunitas ada warganya yang melanggar maka lembaga peradilan akan menjalankan tugasnya sesuai dengan fungsinya dengan memberi denda sesuai kadar perbuatannya, dendanya itu berupa hewan ternak, kemudian hewan tersebut dipotong dan mengundang warganya termasuk yang di denda untuk makan bersama, ini dilakukan agar tidak ada dendam diantara mereka, inilah masyarakat adat yang dipahami oleh komunitas  adat. Masyarakat adat yang sudah teridentifikasi oleh AMAN SulSel itu sekitar 88 komunitas yang tersebar di beberapa kabupaten.

Lembaga Adat Versi pemerintah ketika ada Sk ke bupati-bupati saat Amin Syam menjabat sebagai gubernur Sulawesi Selatan  denagn maksud mendorong supaya Adat diberdayakan, namun Sk tersebut di artikan lain oleh Bupati dan kepala desa adalah pembentukan lembaga adat, yang semestinya menurut L.Sombolinggi Staf Ahli Masyarakat Adat Sulawesi Selatan adalah  lembaga adat yang sudah ada di komunitas itu dikuatkan atau diberdayakan keberadaannya, bukan membentuk lembaga adat, tegasnya;.

Pembentukan lembaga Adat ini di tolak oleh Organisasi masyarakat Adat termasuk AMAN dan AMA TORAYA. ini tolak karena lembaga adat sudah ada dalam komunitas yang  menjalankan fungsinya untuk mengatur keberlangsungan hidup komunitasnya/warganya sesuai dengan pengertian masyarakat adat itu sendiri (rizal Jirak)





 
 

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09109 seconds.