Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Serangan Ulat Bulu di Kuningan Berita

Kuningan - Jawa Barat.  Penyemprotan sebagai upaya pencegahan penyebaran ulat bulu di Desa Ancaran, Kuningan, Jawa Barat, dilaksanakan Selasa  (12/04) . Meskipun, serangannya belum seberapa parah dan jauh lebih sedikit dengan yang terjadi di Jawa Timur. Namun, hal ini cukup membuat warga resah dan bahkan panik. Mungkin karena apa yang dikabarkan media yang terjadi di Jawa Timur, warga menjadi takut terjadi serangan ulat bulu di wilayahnya.

Oleh karena itu, sebelum serangan ulat ini membesar dan membahayakan warga, tadi pagi mulai pukul 08.00 WIB dengan gerak cepat petugas  yang tergabung dari Brigade Perlindungan Tanaman Dinas Pertanian, Kabupaten Kuningan bersama Penyuluh Pertanian dan perangkat Desa Ancaran melakukan penyemprotan secara merata. Selain demi memenuhi permintaan warga yang resah, juga sebagai upaya pencegahan terhadap serangan ulat bulu yang lebih banyak dan lebih meluas. Penyemprotan dilakukan menggunakan insektisida dari Dinas Pertanian Kabupaten Kuningan.

Menurut Penyuluh Pertanian BP3K Kuningan, Indra Gunawan, Iklim dengan curah hujan yang tinggi menyebabkan suhu lembab dan dingin, inilah yang menjadi faktor utama penyebab serangan ulat bulu karena siklus metamorfosa ulat menjadi terhambat. Seperti halnya di wilayah lain, ulat bulu ini lebih dominan menyerang  tanaman mangga, meskipun jenis ulat bulu ini berbeda. Rumah wargapun yang kebetulan berdekatan dengan pohon mangga banyak dihinggapi ulat bulu tersebut.

Dengan dilakukannya penyemprotan ini warga merasa senang dan tidak khawatir lagi. Warga berharap hal ini tidak sampai terjadi di wilayahnya dan juga di wilayah lainnya. (Pedro Baina)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09325 seconds.