Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Kantor KPU Taput Didemo, Polisi Terkesan Diam Berita

Medan (Suara Komunitas.Net) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut menyesalkan terjadinya insiden pengrusakan dan penguasaan kantor KPU Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) yang dilakukan para pendemo usai pelaksanaan Pilgubsu dan Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Taput Rabu (27/6).

Padahal saat itu ada polisi berjaga-jaga, namun terkesan diam dan tidak mengambil langkah pengamanan.
Tak cuma itu, pada pendemo selain menguasai kantor KPU Taput, juga melakukan tindakan tidak terpuji terhadap Komisioner, Dra.Junita Siregar yang diduga dijambak dan ditampar
“Untuk itu kita minta Kapolda Sumut dan Kapolres Taput melakukan tindakan pengamanan di kantor KPU Taput yang hingga sore ini masih dikuasai pendemo. Hal ini sangat penting demi kelancaran penghitungan perolehan suara Pilgubsu yang terkendala akibat insiden tersebut,” kata Komisioner Divisi
Hukum KPU Sumut, Iskandar Zulkarnain di kantor KPU Sumut, Jl.Perintis Kemerdekaan Medan, Kamis (28/6), terkait dugaan kecurangan terhadap pelaksanaan Pilkada Taput.
Menurut Iskandar, jika terdapat dugaan kecurangan mestinya dilakukan pengaduan ke Panwaslu kabupaten/kota dan instansi terkait lainnya sesuai mekanisme yang ada. Bukan main hakim sendiri.
“Seolah-olah hukum tidak berjalan. Padahal sebelumnya KPU provinsi serta KPU Kabupaten/kota sudah melakukan sosialisasi tentang pelaksanaan Pilkada damai dan aman. Nyatanya justru terjadi kebalikannya di Taput,” kata Iskandar Zulkarnain.
Hingga Kamis petang, lanjutnya hasil hitungan Pilgubsu di Kabupaten Taput baru masuk 17%. Sementara DPT nya sekitar 200 ribuan. Ia juga mengakui mendapat laporan dari sejumlah komisioner KPU Taput atas insiden di Taput.
Disebutkan, dengan terjadinya insiden tersebut mengakibatkan tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Taput jadi terkendala.
“Hari ini tahapan perolehan suara Pilgubsu di 33 kabupaten/kota seharusnya sudah selesai dan sampai di KPU Sumut,” kata Iskandar Zulkarnain yang berangkat ke Taput pada Kamis malam demi kelancaran tahapan Pilgubsu dan Pilbup Taput. Karena hasil tersebut akan dilanjutkan ke KPU Pusat di Jakarta.
Sementara Ketua KPU Kabupaten Taput, Rudolf Sirait bersama Komisioner KPU Taput lainnya, Barisman Panggabean, ST, MM, Kopman Pasaribu, ST, MM, Galungbam Hutagalung dan Dra. Junita Siregar masih belum dapat beraktivitas. Karena massa masih menguasai kantor KPU Taput. (lubis)

Editor : Tohap P.Simamora

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.10391 seconds.