Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Dua ribu rumah warga Jeruksari terendam rob hingga satu meter Berita

Tirto, Suarakomunitas. - Sedikitnya 2000 rumah warga di Desa Jeruksari Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan terendam air rob hingga satu meter. Banjir rob terparah berada di RW 07 yang menggenangi 350 rumah sejak pukul 17.30 WIB dan akan surut pada pagi hari.

Salah seorang warga setempat, Warkuni mengungkapkan bahwa banjir rob surut, namun datang langi. "Nek surut yo mesti surut..tapi mengko teko meneh." Tuturnya, Ahad (20/05).

Data dari BMKG memprediksikan bahwa kenaikan air pasang terjadi pada 18 hingga 21 Mei 2018. Sebelumnya pada April lalu, banjir rob juga menggenangi wilayah RW 07 Desa Jeruksari hingga lebih dari satu meter.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pekalongan Bambang Sujatmiko, mengungkapkan bahwa pihaknya mendirikan dua posko darurat beserta logistik dan perahu karet untuk berjaga-jaga.

Dijelaskan, ketinggian rob paling parah terjadi di RW 7 dengan tinggi lebih dari 1 meter yang dihuni sebanyak 350 rumah. Air pasang itu biasannya datang pada pukul 17.30 dan surut ketika pagi hari. Adanya fenomena pasang surut tersebut membuat petugas siaga bencana sempat mengalami kebingungan lantaran penanganannya tidak langsung selesai sekaligus.

‘’Meskipun demikian kami tetap siaga dengan menyediakan dua posko darurat beserta logistik dan perahu karet. Kami juga akan melakukan perbaikan tanggul,’’ tuturnya.

Dengan adanya posko, secara otomatis masyarakat bisa melakukan evakuasi secara mandiri jika sewaktu-waktu air pasang meninggi. ‘’Air pasang ini setiap hari mengalami pasang surut sehingga juga menyulitkan masyarakat beraktivitas utamannya pada bulan Ramadan,’’ tuturnya. (Eva Abdullah)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.08857 seconds.