Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Pemerintah Kecamatan Sambelia Gelar Rakorcam Berita

Lombok Timur, SK - Mengingat Sambelia merupakan daerah yang memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang cukup potensial untuk dikembangkan, maka pemerintah Kecamatam Sambelia mengundang semua kepala desa dan UPTD untuk menggelar rapat koordinasi kecamatan (rakorcam) pada, Selasa (15/5). Acara tersebut berlangsung di aula kantor camat Sambelia, Lombok Timur, NTB.

Rakorcam yang dipimpin langsung oleh camat Sambelia, Zaetul Akmal, berjalan cukup santai. Mereka banyak membahas bagaimana upaya pemerintah kecamatan, pemerintah desa dan Unit Pelayanan Tekhnis Daerah (UPTD) memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.
 
Hal ini menurutnya, penting dilakukan mengingat masih banyak keluhan yang terdengar dari masyarakat mengenai pelayanan hak dasar warga yang belum maksimal. Seperti fasilitas pelayanan posyandu yang masih kurang memadai, bahka ada yang sudah rusak di masing-masing desa. Warga meminta agar itu segera diperbaiki.  
 
"Jika ditemukan ada fasilitas posyandu yang sudah tidak layak digunakan, kewajiban pemdes untuk memperbaikinya," tegas Akmal yang beberapa bulan ini menjabat Camat Sambelia. 
 
Camat yang cukup reponsif ini terus berupaya mendorong semua instansi agar keluhan dari masyarakat itu segera ditindaklanjuti. Karena baginya, ini merupakan tanggung jawab pemerintah selaku pemangku kepentingan. "Hak dasar warga harus terpenuhi," katanya di depan peserta.
 
Di samping pelayanan kesehatan, masalah pendidikan juga perlu mendapat perhatian serius, mengingat tidak sedikit anak-anak putus sekolah karena kawin pada usia dini. Di sinilah, katanya, peran tenaga pendidik (guru) memberikan motivasi kepada anak didik bahwa pendidikan itu sangat penting.
 
Persoalan yang cukup krusial juga menurut Akmal adalah tentang administrasi kependudukan (adminduk). Dia meminta kepada semua kades agar melakukan pemetaan yang jelas kepada masyarakatnya yang belum memiliki identitas supaya diimbau untuk segera melakukan perekaman e-KTP di tempat yang sudah ditentukan. Terlebih Dinas Dukcapil Lombok Timur sudah menjadwalkan pelayanan keliling untuk mempermudah akses bagi warga yang belum melakukan perekaman e-KTP ke kantor camat bahkan ke kantor desa.
 
Masalah keamanan lingkungan tempat tinggal warga juga dirasa perlu mendapat perhatian serius. Mengingat belakangan ini di Sambelia khususnya, rumah warga berulangkali disantroni maling. Jika masalah ini terus dibiarkan, maka kepercayaan masyarakat pada lembaga kepolisian lama kelamaan akan memudar.
 
Masyarakat juga diharapkan dapat membantu kepolisian untuk menjaga keamanan. Tanpa kerjasama yang baik antara masyarakat dan kepolisian maka keamanan lingkungan tidak akan tercipta.
 
Menutup acara rakorcam tersebut, camat Sambelia terus memberikan penekanan kepada semua instansi yang berada di wilayah pemerintahan kecamatan Sambelia agar terus membina kolaborasi antarlembaga kemasyarakatan karena katanya semua ini untuk kepentingan bersama. (Fikri MS)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.08781 seconds.