Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Dinas Kominfo KLU, Gelar Sosialisasi KIM di Kayangan Berita

Tanjung, (SK),-- Puluhan Kelompok masyarakat yang tergabung dalam wadah Pokdarwis, Karang Taruna, Wira Usaha Baru (WUB), kelompok Nelayan, Organisasi pemuda dan organisasi lainnya mengikuti sosialisasi pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se Kecamatan Kayangan, Rabu (18/04).

Bertempat di aula Kantor Camat Kayangan, Kepala Bidang Komunikasi Publik Nanang Hermansyah dalam laporannya mengatakan,  kegiatan sosialisasi pembentukan KIM yang gelar pihaknya tersebut dimaksudkan sebagai langkah maju untuk menindak lanjuti kegiatan sebelumnya yang pernah di gelar di Kecamatan lain yang terlebih dahulu terbentuk KIM-nya. Selain itu, tujuan dibentuknya KIM tersebut adalah sebagai wadah untuk menemukan masalah bersama melalui diskusi dengan anggota kelompok, mengenali cara pemecahan masalah, melaksanakan keputusan dengan kerjasama serta mengembangkan jaringan informasi untuk memecahkan masalah dan memenuhi kebutuhan.

Dijelaskan, tugas dan fungsi KIM sebagai ujung tombak informasi bagi Pemerintah Daerah ditingkat bawah adalah mewujudkan masyarakat yang aktif, peduli, peka dan memahami informasi sehingga masyarakat bisa memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan atau bermanfaat.

Kegiatan sosialisasi yang dihadiri langsung Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lombok Utara, Kawit Sasmita,SH tersebut, membawa angin segar bagi para anggota KIM yang aktif berkontribusi dengan mengirim tulisan atau artikelnya untuk bisa ditampilkan  di web Dinaskominfo Kabupaten Lombok Utara. Sebab, lanjut Kawit Sasmita yang juga pernah bertugas di Kantor Camat Kayangan tahun 2007 silam tersebut, masing-masing penulis akan diberikan reword atau penghargaan sebesar tujuh puluh lima ribu rupiah untuk satu tulisan yang di munculkan di web Dinas Kominfo Kabupaten Lombok Utara. Hal ini dilakukan, sebutnya, adalah sebagai langkah untuk memberikan semangat kepada masing-masing anggota KIM untuk bisa berkontribusi menyumbangkan tulisannya dan ditampilkan di web Dinas Kominfo Kabupaten Lombok Utara. “Insya Allah, pada tahun ini besarannya seperti itu, pada tahun berikutnya kami akan menaikkan besarannya,”tandasnya.

Dalam pemaparannya, Kawit Sasmita menjelaskan,  KIM tidak memiliki hubungan hirarki dengan Pemerintah. Akan tetapi, KIM memiliki hubungan kesetaraan dengan media informasi lainnya dalam memberikan layanan informasi kepada masyarakat. KIM sebagai mitra kerja Pemerintah melaksanakan pembangunan seluruh masyarakat agar serasi dan memfasilitasi kelompok kurang beruntung. Sedangkan pola pemberdayaan KIM diarahkan untuk menggunakan teknologi informasi dalam mengakses informasi, yang dalam implementasinya akan disesuaikan dengan kemmpuan menyediakan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi atau ketersediaan infrastruktur di lingkungan KIM berada.

Sementara itu, Camat Kayangan yang diwakili Sekcam Eko Sekiadim berharap agar keberadaan KIM yang akan terbentuk nantinya ini bisa berkontribusi kepada Pemerintah daerah dalam berperan aktif menyebarkan berbagai informasi program capaian pembangunan di wilayah masing-masing.”Semoga keberadaan KIM yang ada di wilayah Kecamatan Kayangan ini bisa diakui dan bermanfaat serta sejajar pula dengan KIM – KIM yang ada di wilayah lainnya di Lombok Utara, ”harapnya.(eko)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09875 seconds.