Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Yang Belum Punya e-KTP Terancam Tak Bisa Nyoblos? Berita

TALENTA FM Lombok Tengah,SK - Salah satu proses pendataan pemilih yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yakni memasukkan data pemilih ke dalam sebuah system bernama Sidalih. Demikian disampaikan salah seorang KPU Lombok Tengah, Sansuri,S.Pt, Sabtu (10/3) 2018.

Hanya saja bagi warga yang belum memiliki e-KTP, maka datanya tidak masuk pada Sidalih tersebut. Sansuri lebih lanjut menyampaikan, pihak KPU pada proses Coklit yang digelar beberapa waktu lalu telah melakukan pendataan kepada seluruh masyarakat Lombok Tengah yang telah memiliki hak pilih. Pada proses coklit ini, diketahui adanya warga yang memiliki hak pilih namun belum memiliki e-KTP.”Bagi warga yang belum punya e-KTP ini kita memang betul tidak bisa masuk ke dalam Sidalih ini,”katanya.

Dijelaskan Sansuri, Sidalih merupakan sebuah system yang terhubung dengan internet. Sehingga warga-warga yang belum memiliki e-KTP saat dimasukkan namanya ke Sidalih tersebut mental. Terkait dengan hal tersebut, bisa menjadi masalah apakah yang bersangkutan bisa ikut mencoblos atau tidak.

Data warga yang belum melakukan perekaman atau yang sudah melakukan perekaman namun belum memiliki e-KTP tersebut, datanya kemudian akan diserahkan oleh pihak KPU ke Dukcapil.”Persoalan apa yang akan dilakukan oleh Dukcapil terhadap warga yang belum punya e-KTP itu, kita serahkan ke Dukcapil seperti apa tindak lanjutnya karena itu bukan kewenangan kami,”tandasnya. (ding)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09327 seconds.