Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Festival Durian Lolong meriah Berita

Pekalongan, Suarakomunitas. - Gelaran Festival Durian Lolong di Obyek Wisata Lolong Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, berlangsung meriah. Warga membludak untuk menikmati acara tahunan tersebut. Akibatnya kemacetan sempat terjadi di beberapa titik jalan menuju ke lokasi acara, Ahad (25/02).

Acara yang diawali dengan kirab durian dan potensi unggulan lain dari 19 kecamatan se Kabupaten Pekalongan. Panitia juga mengadakan lomba durian unggul, kirab seni dan kesenian, serta hiburan orkes dangdut dengan menghadirkan artis Fani KDI.

Setiorini (17) mengaku datang dari Kabupaten Tegal untuk menyaksikan festival durian tersebut. "Sempat macet saat menuju ke lokasi acara sih ... tapi seneng banget, acaranya seru ...," tuturnya.

Membludaknya warga yang ingin menikmati gelaran festival durian Lolong ini, menurut Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, kawasan wisata Lolong memang membutuhkan perluasan area, seprti untuk area parkir, homestay dan fasilitas umum pendukung lainnya. “Saya setuju dengan Ketua DPRD bahwa kita akan memperluas area wisata Lolong ini. Kita akan ajak pihak swasta/ perusahaan melalui CSR untuk membantu mengembangkan wisata Lolong ini,” ujarnya.

Sementera itu, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Pekalongan, Ir. M. Bambang Irianto, M.Si dalam laporannya mengatakan festival durian sempat terhenti tahun lalu karena panen yang terhambat. Namun alhamdulillah festival durian tahun ini akhirnya dilaksanakan. “Tahun ini cukup (stok durian) untuk kembali diadakan festival,” tuturnya.

Hasil penilaian kirab durian dimenangkan secara berturut-turut, untuk juara I diraih oleh Kecamatan Doro dengan nilai 475, juara II Kecamatan Karanganyar (nilai 455) dan juara III Kecamatan Lebakbarang (nilai 448). Untuk kirab seni budaya, juara I diraih oleh Kecamatan Wiradesa dengan nilai 82, juara II Kecamatan Kesesi dengan perolehan nilai 78 dan juara III Kecamatan Paninggaran dengan nilai 75. (Eva Abdullah, Foto: Irul)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.08944 seconds.