Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Darurat enceng gondok dan rumput, Kali Mrican bakal dibersihkan Berita

Pekalongan, Suarakomunitas. - Kondisi Kali Mrican Desa Bebel Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah penuh tumbuhan enceng gondok dan rumput. Selain itu saluran kali dipenuhi dengan sampah yang dibuang oleh warga maupun akibat terbawa arus. Akibatnya kondisi kali kali kotor dan tidak terurus.

Melihat kondisi tersebut, Andi Irawan, kepala Desa Bebel bersama lintas komunitas se Kota dan kabupaten Pekalongan menggelar pertemuan lintas komunitas. Pertemuan yang digelar pada Sabtu (24/02) ini dilakukan di Balaidesa Bebel dengan agenda utama merumuskan pelaksanaan kerja bareng 'bersih-bersih Kali Mrican'.

"Kegiatan ini merupakan upaya untuk mempercantik wajah Kali Mrican agar terbebasdari sampah, enceng gondok dan rumput. Terutama di bagian bantaran kali," tutur Andi, Sabtu malam.

Andi menambahkan, hasil pertemuan tersebut disepakati bahwa berbagai organisasi dan komunitas akan bergabung dalam acara kerja bareng bersih-bersih Kali Mrican, "Insya Allah akan diselenggarakan Jum'at (02/03) besok mas," tambahnya.

Menurut Andi, kegiatan tersebut merupakan implementasi dari program Berjumpa (Bersih Jum'at Pagi) yang digagas Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi. Program itu merupakan sarana edukasi kepada masyarakat untuk mewujudkan Kabupaten Pekalongan yang bersih.

Sebelumnya, program serupa pernah dilakukan untuk membersihkan Kali Mrican. Namun karena kurang kuntinyu, enceng gondok dan rumput tumbuh lagi dan menutup seluruh kali. (Ali Bana)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09073 seconds.