Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Dinas Dukcapil Lakukan Yanling Adminduk Berita

Jurnalis Warga: Julia
Editor: Anggar

Aikmel, SK- Dalam rangka mendukung program percepatan kepemilikan identitas hukum bagi masyarakat, Lembaga Perlindungan Anak (LPA) bekerja sama dengan Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK) melakukan pelayanan pembuatan adminduk bagi masyarakat yang belum memiliki identitas kependudukan.

Kegiatan Pelayanan Keliling (Yanling) dilakukan untuk mempermudah akses kepada masyarakat yang belum memiliki e- KTP, KK, Akta Kelahiran dan juga Akta Kematian. Program Legal Identity ini berlangsung di Kantor Camat Aikmel, pada, Rabu, 17 Januari 2017. Yanling ini difasilitasi oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lombok Timur.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan tertib. Namun terlihat belum sepenuhnya masyarakat memanpaatkan kesempatan yanling ini, mungkin saja disebabkan karena kurangnya sosialisasi kepada masyarakat terutama mereka yang tinggal di pelosok desa.

Terlihat dari jumlah Kartu Keluarga (KK) yang dicetak 89 lembar, Akta Kematian 11 lembar, Akta kelahiran diperkirakan sekitar 40 lembar dan yang mengikuti perekaman e- KTP sebanyak 100 orang.

Melihat jumlah penduduk Lombok Timur terbanyak di Aikmel, seharusnya masyarakat Aikmel memanpaatkan kesempatan ini untuk mengikuti perekaman e- KTP daripada harus pergi ke kantor Dukcapil. Dengan mengikuti perekaman di kantor camat setempat maka sedikit bisa mengurangi biaya.

Meskipun begitu, masyarakat Aikmel berharap agar kegiatan ini bisa dilaksanakan secara berkala dan juga diminta kepada pemberi layanan (pemerintah) agar sosialisasinya harus bisa sampai ke pelosok dusun. Demikian disampaikan salah satu warga yang mengikuti perekaman e- KTP.

Perekaman KTP Elektronik hingga saat ini baru mencapai 82%. Sebelum Pilkada, dinas dukcapil harus bisa mencapai target 100% agar masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dalam pilkada serentak yang akan digelar pada tanggal 27 Juni mendatang. (Julia)

Foto Speaker Kampung.

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.08706 seconds.