Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Menyeruput Kopi Simalungun di Swiss Berita

Medan (suara Komunitas.Net) - Kini, untuk menikmati kopi Simalungun sudah bisa di sejumlah negara di Eropa, khususnya Swiss. Pasalnya, Ludiantoni Manik, Ketua Kelompok Tani Namanis Kecamatan Dolok Pardamean Kabupaten Simalungun pada Minggu 21 Januari 2018 lalu bertolak ke kota Davos, Swiss untuk mempromosikan kopi Arabika Sumatera Simalungun yang sudah memiliki Hak Paten dengan nama dagang Kopi SAABAS.


Selain mempromosikan bubuk kopinya, Ludiantoni Manik dalam kesempatan itu juga akan memperdalam pengetahuannya seputar pengeolahan kopi roastbean, dimana Swiss merupakan negara pengekspor kopi roastbean terbesar di dunia.
"Biji kopinya asli dari Indonesia, tapi setelah mereka olah jadi kopi roastbean, di ekspor kembali ke Indonesia,"jelas Bang Toni.
Selama 25 tahun sebagai petani kopi, Ludiantoni Manik mengakui sudah banyak pihak yang mendorong dan membantu kelompok taninya agar produksi tanaman kopinya tidak lagi asal-asalan tetapi mampu memberi warna di kalangan konsumen kopi di seluruh dunia.
"Budidaya kopi di tingkat petani sudah baik, kini saatnya kami mempromosikan hasil kopinya ke pasar internasional,"kata Ludiantoni Manik mengakhiri. (alqaf)

Editor : Tohap P.Simamora

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.10331 seconds.