Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Apakah Anda Juga Mengalami Penyakit OCD? Pendapat

Lombok Timur, SK- Pernahkah anda mendengar kata Obsesif Compulsif Disorder yang disingkat dengan OCD ?

OCD adalah sejenis penyakit kalainan psikologis, dimana penderitanya cenderung merasakan ketakutan, bahkan sikap ragu dan senantiasa mengulangi apa yang telah ia lakukan. Contoh orang terkena penyakit OCD ini misalnya, mengecek pintu lebih dari tiga kali apakah sudah terkunci atau tidak ketika akan keluar rumah. Atau, dalam beberapa menit ia berualangkali mencuci tangannya, atau menghabiskan waktu yang lama di kamar mandi.

Untuk diketahui, Gejala OCD pada setiap orang tidak mesti sama tapi menunjukkan kesamaan pola pada perilaku yang tidak wajar bahkan, bisa dibilang tidak masuk akal.

Hingga saat ini, para ahli fsikologi belum bisa menjelaskan secara gamblang bagaimana kelainan ini bisa terjadi dan mempengaruhi otak manusia. Tapi, dari hasil analisa beberapa ahli menunjukkan, faktor pemicunya adalah genetika. Kemudian, kelainan pada syaraf, trauma yang berpanjangan yang disebabkan pernah dibullying di masa lalu dan lain sebagainya.

Bagi orang muslim, contoh penyakit ini bisa terlihat ketika seorang muslim selalu mengulangi wudhu karena merasa ada yang salah, merasa kulitnya tidak terkena air dan lain sebagainya. Begitu juga dalam sholat, mengulang takbir lebih dari tiga kali dan seterusnya. Selain itu, di hati manusia merasakan ada bisikan padahal, dia sendiri tidak mengerti bisikan apa itu, akhirnya timbul gejolak dalam hatinya sendiri.

Jika penyakit seperti ini menyerang kita maka lawanlah dia dengan meningkatkan keyakinan kita kepada Allah SWT, perbanyak Istgfar dalam melaksanakan sholat dan senantiasa mendekatkan hati dan menyerahkan diri kita kepadaNya.

Foto Speaker Kampung.
 
 

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09146 seconds.