Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Puskesmas Aikmel Cek Warga kekurangan HB Berita

Aikmel Utara, SK- Belakangan ini sering terdengar khabar warga meninggal dunia. Meninggalnya warga ini salah satunya disebabkan karena banyaknya masyarakat yang menderita gejala kekurangan Haemoglobin (HB).

Akibat dari gejala tersebut, petugas puskesmas Aikmel dibantu kader, turun ke masyarakat untuk melakukan pengecekan dan pencegahan penyakit HB itu. Salah satu desa yang menjadi sasaran petugas puskesmas adalah Desa Aikmel Utara.

Upaya yang mereka lakukan untuk mencegah terjadinya kekurangan HB itu adalah, dengan melakukan kunjungan ke setiap posyandu dan posbindu. Sasaran utamanya disamping warga lanjut usia (lansia) juga masyarakat umum. Tujuannya tentu agar masyarakat mengetahui kadar HB yang mereka miliki.

Dusun Dasan Lian Timuk dan Dusun Dasan Lian Barat, Desa Aikmel Utara misalnya, sudah melakukan pengecekan HB secara rutin dengan mendatangi posyandu. Pengecekan HB itu disasarkan pada masyarakat yang berumur diatas 15 tahun.

“Dengan melakukan pengecekan jadi, setiap orang dapat mengetahui berapa HB yang mereka miliki,” jelas salah seorang petugas kesehatan.

Jika ditemukan ada masyarakat yang mempunyai kekurangan ataupun kelebihan HB, supaya petugas segera mengambil tindakan penanganan dini disamping kesadaran dari masyarakat itu sendiri untuk melakukan pengecekan ke puskesmas terdekat. (Sufiatul)

Penulis: Sufiatul
Editor : Anggar

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.08906 seconds.