Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Peberdayaan Untuk Menumbuhkan Kemampuan dan Pemampuan Warga Berita

Pemberdayaan diartikan sebuah proses menumbuhkan kemampuan dan pemampuan individu dan kelompok dari tidak mengetahui menjadi mengetahui, dari tidak berdaya menjadi berdaya, dari tidak mampu bersuara menjadi mampu bersuara, dari tidak percaya diri menjadi percaya diri.

SOMASI NTB melalui kerja mitra bersama The Asia Foundation sejak tahun 2016 melakukan Pemberdayaan warga di tiga desa yaitu Desa Lenek, Desa Aikmel Utara dan Desa Toya Kecamatan Aikmel.

Saat ini sudah ada 26 Kelompok Warga (KW) dan 26 Relawan Desa (RD). KW dan RD merupakan gabungan dari masyarakat rentan yaitu (Disabilitas, Perempuan Miskin, Keluarga dan atau Anak Buruh Migran). Penanganan isu fokus di isu kesehatan dan pendidikan.

Mendekatkan dan memperbaiki layanan kesehatan antara satuan tugas kesehatan sebagai pemberi layanan dengan Masyarakat sebagai penerima layanan menjadi salah satu isu yang akan ditangani oleh Somasi NTB melalui program SAPP (Social Accountability Public Participative).

Fhoto berikut adalah proses Relawan Desa, Kader Posyandu dan Bidan sedang melakukan pemberdayaan kepada Ibu Hamil melalui diskusi tentang kesehatan kehamilan agar dapat menekan terjadinya Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).#TAFSAPP

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09228 seconds.