Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Paguyuban kepala desa Kec. Siwalan gelar pelatihan Siskeudes Berita

Pekalongan, Wartadesa. - Paguyuban kepala desa se Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah yang tergabung dalam Krida Manunggal menggelar pelatihan sistem keuangan desa (siskeudes) di obyek wisata Guci, Tegal. Acara yang diselenggarakan pada 8-10 Desember 2017 ini diikuti oleh kepala desa, bendahara, kaur keuangan dan perangkat desa  dari 13 desa di Kecamatan Siwalan.

Rasijo, ketua panitia mengungkapkan bahwa pelatihan ini dilakukan dalam rangka  mempermudah pengelolaan keuangan desa yang diserap melalui dana cash dan dana transfer, sehingga administrasi desa dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

"Selain itu juga agar masyarakat dapat mangakses keuangan desa melaui web desa masing-masing," tutur Rasijo.

Rasijo menambahkan bahwa Kecamatan Siwalah selangkah lebih maju ketimbang kecamatan lainnya di Kota Santri yang belum menggunakan siskeudes, "masih banyak desa yang melaksanakan administrasi secara manual sehingga dalam pelaporan kegiatan pembangungan desa selalu terlambat." tambahnya.

Hal senada disampaikan oleh Sugino, Camat Siwalah, "pelatihan Siskeudes ini dilaksanakan untuk menambah semangat aparatur desa dalam melaksanakan pelayanan publik," ujarnya.

Acara yang menghadirkan narasumber Didi Hermatho, pengawas pemerintahan madya, Inspektorat Kabupaten Pekalongan ini diikuti oleh peserta dengan semangat. (Aan Kaenan)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09124 seconds.