Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Partisipasi Pemilih Pilgubsu Bisa Capai 77,5 Persen Berita

Medan (Suara Komunitas.Net) - KPU Sumut menargetkan partisipasi pemilih pada Pilgubsu tahun 2018 bisa mencapai 77,5 persen. Sementara pada Pilgubsu tahun 2013 hanya 58 persen. Untuk mewujudkan target tersebut, kini KPU Sumut sedang melakukan berbagai terobosan baru, yakni sosialisasi dan evaluasi atas pengalaman pesta demokrasi tahun 2013.

“Kita harapkan target ini bisa tercapai,” kata Kabag Program, Data dan SDM KPU Provinsi Sumut, Irwan Zuhdi Siregar SH (foto), Kamis (23/11) terkait pemuktahiran data pemilih yang akan dilakukan KPU Pusat maupun KPU Provinsi Sumut.
Irwan menegaskan, meningkatnya partisipasi pemilih bukan hanya ditentukan seberapa banyak pihaknya melakukan sosialisasi maupun lainnya. Namun masalah figur calon gubernur dan wakil gubernur juga ikut menentukan terjadi peningkatan jumlah pemilih.
“Jadi tidak ada salahnya jika saat ini kita menghimbau masyarakat menggunakan hak pilihnya. Karena satu suara bisa menentukan nasib kita selama 5 tahun mendatang,” ujarnya.
Ia juga mengharapkan masyarakat Sumut dapat memberikan data yang benar kepada petugas KPU Sumut saat melakukan pendataan dari rumah ke rumah. Sehingga hasil data yang diinginkan bisa valid dan berkualitas.
“Petugas pendataan KPU Sumut dimulai tanggal 20 Januari sampai 18 Pebruari 2018,” tambah Irwan.
Berdasarkan jadual, tgl.26 – 29 Desember 2017 akan dilakukan pemutakhiran daftar pemilih (Pintarlih) seperti perbaikan data-data penduduk seperti yang pindah domisili, meninggal dan pemilih pemula yang tahun 2018 berusia 17 tahun, termasuk warga TNI yang memasuki purnawirawan.
“Proses pemutakhiran data ini dilakukan secara bertahap, direkab kemudian di plenokan sesuai tingkatan baik di tingkat kelurahan/desa (PPS) maupun kecamatan (PPK),” kata Irwan.(lubis)

Editor : Tohap P.Simamora

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.1034 seconds.