Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Dukung Swasembada Pangan, Bupati Launching 187 Unit Sarana Brigade Alsintan Berita

SABBANG (SK) --- 187 unit sarana brigade alat mesin pertanian (alsintan) secara resmi di-launching Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Kamis (2/11), di Desa Mari Mari Kecamatan Sabbang. 187 unit bantuan sarana brigade alsintan itu terdiri dari tiga jenis, yaitu (1) Bantuan alsintan brigade pascapanen 24 unit yang terdiri dari combine harvester 18 unit, corn combine harvester 1 unit, dan cornseller 5 unit; (2) Bantuan alsintan brigade pengolahan 99 unit terdiri dari traktor roda empat 1 unit, traktor roda dua 64 unit, pompa air 30 unit dan transplenter 3 unit; serta (3) Bantuan hibah 64 unit, terdiri dari traktor roda dua dari APBN 17 unit, traktor roda dua dari APBD II 29 unit, kultivator 5 unit, powerthresser 10 unit, dan RMU 3 unit.

Launching pengoperasian sarana brigade alsintan oleh Bupati ini dimaksudkan untuk mendukung tercapainya swasembada pangan nasional. “Tujuan dari peluncuran brigade alsintan ini tidak lain adalah untuk menghadirkan swasembada pangan nasional. Kalau Luwu Utara kita tidak perlu ragu. Tujuh tahun berturut-turut kita mendapatkan apresiasi dari Menteri Pertanian berupa penghargaan sebagai daerah yang memproduksi beras nasional di atas lima persen,” ujar Bupati Indah dalam sambutannya.

Selain itu, ada tujuan lain dibentuknya brigade alsintan oleh pemerintah pusat. Salah satu di antaranya menurut Indah adalah dapat mengatasi kelangkaan tenaga kerja. “Dengan adanya brigade alsintan ini, maka diharapkan dapat membantu mengatasi kelangkaan tenaga kerja, karena yang kita gunakan adalah tenaga kerja dari dalam kelompok itu sendiri, sehingga menjamin biaya yang lebih murah,” terang Indah.

Sementara itu Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (TPHP) Agussalim Lambong, dalam laporannya mengatakan, launching brigade alsintan terlaksana atas kerjasama Dinas TPHP dengan Gapoktan Desa Mari Mari yang didukung PT Korin dan PT Syngenta dalam rangka penggunaan combine harvester. Dia juga menambahkan, pengoperasian brigade alsintan telah dilakukan sejak September kemarin, dan telah melayani kurang lebih 940 ha dengan jumlah 1.257 KK.

“Pengoperasian brigade alsintan pasca panen sudah melayani semua Poktan sejak September kemarin, dan sudah ada 14 poktan dari 18 poktan yang tersebar di 9 kecamatan,” pungkas Agus. Usai me-launching brigade alsintan, Bupati Luwu Utara bersama Pabung Kodim 1403 Sawerigading, Kapolres Luwu Utara, dan para Pimpinan SKPD terkait lainnya melakukan panen perdana tanaman padi. Acara ini juga dihadiri para Babinsa, dan PPL se-Kecamatan Sabbang (Lukman Hamarong)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09346 seconds.