Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Bupati Lutra Pemateri INOVASI 2017 di Universitas Hasanuddin Berita

MAKASSAR (SK) --- Hari ini, 29 Oktober 2017, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, mendapat kehormatan menjadi Pemateri di acara Seminar Nasional “Indonesian Youth Festival of Science (INOVASI) 2017” yang bertempat di Gedung Baruga AP. Pettarani Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Kegiatan yang mengangkat tema “Optimalisasi dan Inovasi Pembangunan Kawasan Terluar, Terdepan, dan Tertinggal (3T) dalam mendukung Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) tahun 2025 ini tidak hanya dihadiri mahasiswa Unhas saja, tetapi beberapa mahasiswa dari perguruan tinggi di Indonesia juga hadir.

Bupati membawakan materi dengan topik “Peranan pemerintah dalam Inovasi yang telah diterapkan dalam pengembangan kawasan tertinggi di Indonesia.” Dalam pemaparannya, Indah banyak berbicara tentang pendidikan. Di mana pemerintah telah mengeluarkan program Sarjana Mengajar sebagai bentuk kepedulian pemerintah di sektor pendidikan.

Program Sarjana Mengajar, kata Indah, dikhususkan pada guru yang ditempatkan di daerah-daerah terpencil. “Program ini salah satu solusi terbaik guna mengatasi kekurangan guru, khususnya di wilayah terpencil, dan sudah dimulai awal tahun ini. Olehnya itu pemerintah hadir memberi solusi atas segala aspirasi yang masuk di telinga pemerintah,” ucapnya.

Orang nomor satu di Luwu Utara itu juga menyinggung peranan kampus dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kampus sebagai tempat para mahasiswa menuntut ilmu dan berinteraksi dengan lingkungan sosial, diharapkan mampu mencetak mahasiswa yang peka terhadap perubahan.

“Mahasiswa sebagai agen perubahan diharapkan mampu menjaga keutuhan NKRI. Olehnya itu, kampus harus mampu melahirkan mahasiswa yang peka dan peduli terhadap kebangsaan. Mahasiswa harus mampu menggelorakan semangat nasionalisme dan rasa cinta terhadap tanah air,” harap Indah.

Sebelumnya, Ketua Umum Unit Kegiatan Keilmuan dan Penalaran Ilmiah Unhas, Dirga Mahardika, mengatakan, Bupati Lutra adalah sosok pemimpin yang bisa memotivasi kaum perempuan untuk dapat berkontribusi buat daerah. “Ibu Indah dipilih menjadi narasumber dengan harapan bisa memotivasi kaum wanita bahwa wanita juga bisa berkontribusi aktif dalam pembangunan di daerah,” ucap Dirga.

Selain Bupati Lutra, Anggota DPD-RI A.M. Iqbal Parewangi, juga hadir sebagai pamateri. Menariknya, Founder Banten Bangun Desa, Nur Agis Aulia, juga turut hadir sebagai narasumber. Nur Agis adalah pemuda asal Banten, peraih berbagai penghargaan di bidang pengembangan desa. (Lukman Hamarong)
 

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09168 seconds.