Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Pemda KLU NTB Akan Berikan Bantuan Bumdes Mart Kepada Lima Desa Berita

Suarakumintas ( SK) Pemda KLU Akan Berikan Bantuan kepada 5 Bumdes yang akan di jadikan Bumdes Mart hal itu disampaikan oleh H. Kholidi Halil Kepala DP2KBPMD KLU Pada acara Penyerahan SK Bupati kepada 5 Desa yang akan mendapatkan bantuan dari Pemda di Lesehan Narmada Desa Jenggala Kec. Tanjung 22-10-2017.

Lima Bumdes yang akan menerima Bantuan yaitu Bumdes Desa Pemenang Barat Kec. Pemenang, Bumdes Desa Sokong Kec. Tanjung, Bumdes Desa Gondang Kec. Gangga, Bumdes Desa Kayangan Kec. Kayangan dan Bumdes Desa Anyar Kec. Bayan, dengan jumlah dana yg akan di berikan per Bumdes sebesar Rp. 300.000.000 per Bumdes. Jumlahnya Rp. 1. 500.000.000.

Adapun Dana yang akan di berikan itu akan di alokasikan untuk merehap bangunan Bumdes, atau mendirikan bangunan baru dengan ukuran maksimal 8 x 6 M2 yg di lengkapi dgn meter listrik. Pengadaan sarana dan prasarana, Gondola, Kursi meja kasir, Komputer, Soft Ware / Aplokasi, Air Condition ( AC ) atau Kipas angin.

Pemberian bantuan mengacu kepada Keputusan Bupati Lombok Utara Nomor : 378/17/DP2KBPMD/2017 Tentang Pemberian bantuan keuangan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara kepada Pemerintah Desa untuk Badan Usaha Milik Desa Mart Tahun anggaran 2017 tanggal 18 Oktober 2017.

Pemberian Bantuan ini bertujuan untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi di perdesaan maka di perlukan sebuah lembaga ekonomi perdesaan yang mampu mengelola sumber daya ekonomi perdesaan, dan mampu mencari peluang pasar. Meningkatkan pemasaran produk produk unggulan Desa, Meningkatkan Peran BUM Desa sebagai motor penggerak ekonomi perdesaan, Meningkatkan produktifitas masyarakat dalam mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi di perdesaan dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, khususnya berkaitan dengan upaya menurunkan angka kemiskinan.

Acara Pengarahan ternis penggunaan Bantuan dari Pemda KLU ke pengurus Bumdes juga di hadiri oleh 5 orang kepala Desa yang akan menerima bantuan dan 5 orang Menejer Bumdes.
Pemerintah KLU merencanakan akan mewujudkan semua Desa memiliki Bumdes Mart agar bisa terlayani semua keburuhan masyarakat dan pemasaran produk unggulan desa ke masyarakat bisa tercapai (Ardes ).

 

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.11179 seconds.