Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Kades Ini Berupaya Biar Orang Betah Weekend Didesanya Berita

TALENTA FM LOMBOK TENGAH,SK - Salah satu program unggulan Desa Pagutan Kecamatan Batukliang, pada Minggu (20/8) 2017, dilaksanakan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) setempat. Program itu yakni program Masyarakat Pagutan Sehat yang sangat ramai dengan partisipasi masyarakat.

Kepala Desa (Kades) Pagutan, Samsul Rizal ,SH disela-sela kesibuknya dalam mengikuti kegiatan tersebut menyampaikan, program sehat desa pagutan dilaksanakan setiap hari minggu yang dipusatkan di Kantor Desa, terkadang juga dilaksanakan di Lapangan Umum Desa Pagutan.”Kami memperbanyak berbagai kegiatan dalam program sehat ini sesuai dengan moment yang ada. Banyak partisipasi masyarakat karena mereka merasa memiliki, Itu sebab ratusan warga selalu ramai pada setiap event yang dibuat Desa Pagutan.”katanya.

Pada hari itu, karena bertepatan dengan nuansa tujuh belasan agustus 2017, program sehat dikemas sekaligus sebagai salah satu rangkaian acara dalam memperingati perayaan HUT ke 72 Kemerdekaan RI. Kegiatanya antara lain, donor darah dan juga jalan sehat.”Itulah kegiatan pokok yang kita gelas minggu ini dan selain bekerjasama dengan dinas dan istansi terkait juga dengan pihak swasta,”ungkapnya.

Dukungan berbagai pihak atas kegiatan yang dilakukanya lanjut pria yang pernah menjabat Ketua LSM Suaka ini, salah satu indicator kalau kegiatan itu banyak mendapat respon oleh masyarakat banyak. Hal itu dintandai oleh banyaknya masyarakat yang berpartisipasi pada setiap kegiatan yang digelar.”Alhamdulillah setiap event yang kita gelar selalu seperti ini, ramai partisipasi warga. Maka selain dukungan swasta acara ini juga digelar berkat adanya swadaya masyarakat,”jelasnya.

Karena sering digelar, keasadaran masyarakat akan pentingnya donor darah demi membantu sesama yang membutuhkanya, pada hari itu lanjut Samsul Rizal, target sebanyak 70 kantong darah bisa terpenuhi. Karna hari itu target yang disepakati antara 60 sampai dengan 70 kantong darah.”Sebenarnya bisa lebih namun hari itu dari sekian banyak warga yang mau donor darah, banyak yang tidak memnuhi sayarat. Namun Alhamdulillah target bisa terpenuhi, semoga ada mamfaatnya,”ucapnya.

Untuk memaksimalkan program Masyarakat Pagutan Sehat ini, Samsul Rizal setiap minggunya selalu menggelar kegiatan dan event yang berbeda-beda setiap minggunya. Terkadang jalan sehat, sepeda santai dan juga melatih kesabaran dengan mamncing. Karena setiap kegiatan diusahakan juga mendukung program unggulan lainya. “Kita memiliki empat program unggulan, dimana semuanya kita atur agar saling mendukung,”jelasnya.

Adapaun keempat program itu lanjut Samsul Rizal, antara lain, Program Masyarakat Pagutan Sehat, Pagutan Desa Wisata, program pemamfaatan pekarangan sebagai salah satu solusi ketahanan pangan dan program pagutan benderang informasi public. Dari kegiatan masing-masing program, sebisa meungkin saling mendukung dengan program unggulan lainya.”Contoh dengan seringnya adakan berbagai macam event, maka semakin banyak orang yang datang dan betah mengahbiskan liburanya di Pagutan setiap minggu,”terangnya.

Selain sebagai item kegiatan program, kegiatan-kegiatan yang senantiasa mengundang masyarakat banyak, khususnya keluarga besar masyarakat desa Pagutan, kegaiatan itu juga sebagai salah satu ajang untuk bersiltaurrahmi. Dengan seringnya bertemu dan berkumpul, berbagai hal didiskusikan sehingga berbagai masalah yang dihadapai bisa diselesaikan secara bersama-sama.”Pada kegiatan seepeti ini, baik yang bernuansa islami mamupun nasional selalu ramai, disini dikusi imformal sering terjadi, termasuk penyampian aspirasi. Sehingga masalah dan apa keinginan masyarakat kita ketahui,”ungkapnya.

Mala Samsul Rizal bersyukur atas kekompakan masyarakat Pagutan yang hingga saat ini terus terjalin. Bahkan pada hari itu, berkenaan dengan HUT ke 72 RI, kegiatan juga melibatkan sejumlah sekolah yang ada dikecamatan Batukliang. (ding)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09807 seconds.