Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

SMAN 1 Bayan Raih Juara Umum Pada Lomba Peringatan HUT KLU ke 9 dan HUT RI ke 72 Berita

Lombokutara ( Suarakomunitas ). Camat Bayan Musripin. S.Sos Menyerahkan Piala kepada Guru SMAN 1 Bayan sebagai Juara Umum pada setiap mata Lomba pada peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Lombok Utara ke 9 dan HUT RI ke 72 tingkat Kecamatan Bayan bertempat di Lapangan Anyar 19-08-2017.

Pengumuman Pemenang Mata Lomba yang di sampaikan oleh Raden Sawinggih mulai dari Gerak Jalan untuk Tingkat SD Putri, Juara I SDN 3 Senaru, Juara II SDN 2 Anyar dan Juara III SDN 1 Bayan, Gerak Jalan Tingkat SD Putra Juara I SDN 1 Akar akar, Juara II SDN 1 Bayan dan Juara III SDN 1 Anyar, Gerak Jalan SMP Sederajat Putra, Juara I SMPN 1 Bayan Juara II SMPN 1 Bayan dan juara III SMPN 4 Bayan, Gerak Jalan SMP Sederajat Putri, Juara I SMPN Satap Bayan, Juara II MTS Miftahul Loloan Juara III Satap 5 Bayan, Gerak Jalan SMA Sederajat Putri, Juara I SMK Kesehatan, Juara II SMAN 1 Bayan Juara III SMA 1 Bayan, Gerak Jalan SMA Putra, Juara I SMA Karya Lotara, Juara II Ponpes Nurul Bayan juara III SMA Gaus Abdurrajak Senaru. Gerak Jalan Umum Putri Juara I SMAN 1 Bayan, juara II PKK Kecamatan juara III Puskesmas Bayan, Gerak Jalan Umum Putra Juara I BPD Mumbul Sari juara II SMAN Saptap Bayan juara III SMAN 1 Bayan.

Lomba Karnapal Kebudayaan tingkat TK PAUD Juara I TK Dewi Anjani, Juara II TK Sangkareang dan Juara III PAUD Asal Bunda, Lomba Karnapal Kebudayaan tingkat SD/MI Juara I SDN 1 Bayan Juara II SDN 2 Bayan juara III ada 2 yaitu SDN 2 Sambik elen dan MI NW Loloan, Lomba Karnapal Kebudayaan tingkat SMP/MTs Juara I SMPN 3 Bayan, Juara II SMPN 1 Bayan dan Juara III SMPN 4 Bayan, Karnapal Kebudayaan Tingkat SMA /MA Juara I SMAN 1 Bayan, Juara II SMA 2 Bayan juara III SMK Kesehatan, Karnapal Umum, Juara I Desa Persiapan Batu Rakit, Juara II Desa Senaru dan Juara II Desa Loloan.

Camat Bayan menyampaikan rasa Bangga dan merasa sangat terhormat, sebab Kecamatan Bayan Luar Biasa, tidak ada yang bisa menyaingi semangat dan partisipasi masyarakat di kecamatan Bayan sebab acara seperti ini tidak ada di Kecamatan Lain di Kabupaten Lombok Utara, jadi acara seperti ini patut untuk kita pelihara dan kita jaga. Mari Kebersamaan, persaudaraan dan Kerukunan kita tingkatkan karena dengan demikian justru apa yang kita rencanakan dan apa yang kita hajatkan bisa tercapai sebagaimana yang kita harapkan.

Dalam Pelaksanaan Lomba Gerakjalan Panitia seksi Olah Raga Saprudin kewalahan mengatur peserta Gerak Jalan Umum karena banyakknya semua peserta ingin tampil pada tanggal 16 Agustus 2017 Jam 15.00 Wita sampai sore, ini sungguh luar biasa partisipasi masyarakat Bayan. Demikian juga pada Pawai Karnapal Kebudayaan pada tanggal 17 Agustus 2017 jam 15.00 Wita di sekitar Desa Anyar Kecamatan Bayan Macet Total karena terjadi lonjatan penonton dan peserta yang cukup banyak menjadi lautan manusia. Ini menggambarkan bahwa masyarakat Bayan yang selalu rukun penuh partisipasi, masyarakat yang antusias untuk di ajak kerjasama dalam mengembangkan dan mempromosikan asset dan budaya yang di mjilikinya.

Pada Pawai Karnapal Kebudayaan banyak aspek Budaya Lokal yang dapat di sampaikan sebab cirihas bayan itu semua ada di tampilkan seperti sremonial Riual Menutu Maulid Adat Gubuk Karng Bajo yang di bawakan oleh Siswa SDN I Bayan, Prosesi Ritual Gawe Belek Ngalu Aik adat Bayan yang di bawakan oleh siswa SDN 2 Bayan, Prosesi adat Legenda Ritual Namein oleh siswa SDN 4 Akar-akar, Proses Ritual Bisokmenik angkat Gawe belek Adat Loloan oleh siswa MI Miftahusur NW Loloan dan Prosesi Bedak Kerames Perkawinan adat Bayan oleh Siswa SMAN 2 Bayan, ini merupakan tanda kehormatan bagi kecamatan bayan, Ciri ini merupakan kehormatan bagi masyarakat Bayan yang masi ada adat istiadat.

Musripin menyampaikan rasa terimakasih kepada masyarakat dan semua pengujung yang telah meadati lapangan dan ramai ini yang membuat kami sangat bahagia dan kita saksikan tampilan dari siswa TK, dengan tujuan dalam rangka kita mengembangkat minat budaya bagi anak anak dan akan menjadi regenari yang akan mempertahankan adat dan budaya kita, Mari kita didik anak kita menjadi generasi penerus di Kecamatan Bayan, terimakasih kepada para pengusaha di Kecamatan Bayan yang telah mendukung terseklenggaranya HUT KLU dan HUT RI yang telah membantu mendukung. Sebab Panitia dalam mensukseskan acara ini menghabiskan dana sekitar 37 Juta rupiah yang bersumber dari sumbangan masyarakat, jadi jika ada dukungan masyarakat bisa kita wujudkan pestipal budaya di kecamatan Bayan jika masyarakat mendukung tahun in bisa kita laksankan. Sekali lagi Terimakaisih kepada guru PAUD dan TK yang telah menampilkan anak anak didiknya untuk tampit di panggung ini.

Harapan Camat Bayan dalam memperingati HUT KLU ke 10 dan HUT RI ke 73 pada tahun berikutnya agar lebih baik sebab tahun ini yang bisa tampil hanya siswa TK PAUD belum kita bisa tampilkan di tingkat SMPA dan UMUM, Masyakat Bayan Kaya dengan Kesenian Tradisional yang belum di Tampilkan seperti Gerok Tandak, Suling Dewa, Cupak Gurantang, Sireh dan Kesenian Lainnya ( Ardes ).

 


 

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.11771 seconds.